BAB II PETA II.1. Pengertian Peta

Komunikasi dengan gambar simbol = Graphicacy. II.2. Fungsi dan tujuan pembuatan Peta ... Peta dasar laut disebut peta batimetrik. ... Skala peta Skala...

0 downloads 134 Views 181KB Size
BAB II PETA II.1. Pengertian Peta. Peta merupakan penyajian grafis dari bentuk ruang dan hubungan keruangan antara berbagai bentuk yang diwakili. Didalam ilmu geodesi peta merupakan gambaran dari permukaan bumi dalam skala tertentu dan digambarkan diatas bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu. Peta mengandung arti komunikasi, antara si pembuat peta dan si pemakai peta. Komunikasi itu sendiri ada 4 macam: 1. Komunikasi matematis = Numeracy 2. Komunikasi dengan bicara = Articulasi 3. Komunikasi dengan huruf = Literacy 4. Komunikasi dengan gambar simbol = Graphicacy. II.2. Fungsi dan tujuan pembuatan Peta Fungsi peta adalah: 1. Menunjukan posisi relatif dimuka bumi. 2. Memperlihatkan ukuran (luas, jarak) 3. Memperlihatkan bentuk 4. Mengumpulkan dan menyeleksi data-data dari suatu daerah dan penyajiannya di atas peta. Tujuan pembuatan peta 1. Untuk komunikasi informasi ruang 2. Untuk menyimpan informasi 3. Untuk membantu suatu pekerjaan konstruksi jalan, perencanaan dan lainlainnya. 4. Untuk membantu dalam suatau desain proyek rekayasa. 5. Untuk analisis data spasial, misal perhitungan volume. II.3. Klasifikasi/macam Peta II.3.1 Macam Peta ditinjau dari jenis peta a. Peta foto :

Peta foto yang telah direktifikasi Peta Ortofoto.

Peta foto adalah peta yang dihasilkan dari mosaik foto udara/orthofoto yang dilengkapi garis kontur, nama dan legenda. b. Peta garis :

Peta topografi Peta Tematik

Peta garis adalah peta yang menyajikan detail dan buatan manusia dalam bentuk titik, garis dan luasan. Universitas Gadjah Mada

1

II.3.2. Macam peta ditinjau dari skala a. Peta skala Besar

: 1:1000 sampai dengan 1:50000 atau lebih besar

1:500. b. Peta skala Sedang

: 1:10000 hingga 1:25000

c. Peta skala Kecil : 1:50000 hingga 1:100000 atau lebih kecil lagi 1:500000. II.3,3. Macam peta ditinjau dari fungsinya : a. Peta umum, merupakan peta yang menggambarkan jalan, bangunan, batas wilayah, garis pantai, elevasi dst. Peta umum skala besar disebut peta topografi. Peta umum skala kecil disebut atlas. b. Peta tematik, merupakan peta yang menunjukkan hubungan ruang dalam bentuk atribut tunggal. c. Kart, merupakan peta yang didesain untuk keperluan navigasi, nautical dan aeronautical. Peta dasar laut disebut peta batimetrik. II.3.4. Macam peta ditinjau dari maksud dan tujuan Peta yang dibuat untuk keperluan tertentu sesuai dengan temanya. Misalnya:

Peta tanah, peta kependudukan Peta hak, peta tata guna tanah dan lain sebagainya.

II.4. Skala peta Skala merupakan perbandingan antara jarak dipeta dengan jarak sesungguhnya dipermukaan bumi pada titik-titik yang sama. Skala Peta = Jarakdipeta Jarakdibumi Skala peta dibedakan lagi menjadi 1. Skala Numeris 2. Skala Gratis 3. Skala Verbal II.4.1. Skala Numeris, dinyatakan dengan perbandingan antara angka pembilang = 1 dan angka penyebut misalnya : 1. 2. 1:1000 3. 1 — 100000 II.4.2. Skala gratis atau skala garis atau skala bar misal: II.4.3. Skala Verbal Misal:

1 Inci = 1 Mil 1 Cm=4 Km Universitas Gadjah Mada

2

II.5. Peta Topografi Peta topografi adalah peta yang menyajikan unsur-unsur alam dan unsur-unsur buatan manusia diatas permukaan bumi. Peta topografi disebut jugs peta umum (bersifat umum). Peta topografi dapat digunakan untuk bermacam-macam tujuan, selain itu peta topografi dapat dipakai sebagai peta dasar pembuatan peta tematik. II.5.1. Skala Peta Topografi Skala peta topografi dapat dikelompokkan dalam: 1. Skala 1:1000 sampai 1:5000 adalah skala sangat besar. 2. Skala 1:5000 sampai 1:100000 adalah skala besar. 3. Skala 1:25000 sampai 1:100000 adalah skala sedang. 4. Skala 1:100000 sampai 1:1000000 adalah skala kecil.

II.5.2. Peta Manuskrip, peta dasar, induk peta dan peta turunan Peta manuskrip adalah peta produk pertama dari suatu proses pemetaan Misalnya: Hasil pengambaran dengan tangan,hasil survei lapangan. Hasil pioting fotogrametris Peta dasar adalah peta yang dijadikan dasar untuk pembuatan peta-peta lainnya, seperti peta tematik dan peta dasar untuk peta-peta topografi dan peta-peta turunan disebut peta induk. Peta turunan adalah peta yang diturunkan dari peta induk dan skalanya lebih kecil dari peta induknya.

II.6. Peta tematik Peta tematik adalah suatu peta yang memperlihatkan informasi kualitatif dan atau kuantitatif pada unsur tertentu. Unsur/informasi tersebut ada hubungannya dengan detail topografi yang penting. Soal-soal 1. Apa yang saudara ketahui tentang peta?jelaskan! 2. Jelaskan mengapa orang membuat peta! 3. Uraikan persamaan dan perbedaan peta garis dan peta foto! 4. Bagaimana saudara menentukan skala pada sebuah peta, jika angka skala tidak ada? 5. Berapa luas persegi ABCD yang terletak pada peta topografi skala 1:5000, jika sisi persegi tersebut diatas peta = 6.1 cm? 6. Apa hubungan antara peta topografi dengan peta tematik?berikan jawaban saudara! 7. Berikan definisi peta topografi,peta situasi, peta manuskrip! 8. Apa peta dasar itu? jelaskan!

Universitas Gadjah Mada

3