JANUARI 2017 HERONEWS

Nonton Bareng di Giant Magelang Pakelan dan Giant Tole Iskandar. Ulang Tahun ke-3 Giant Palem Semi 21 Profile : Ayu Restika - Apoteker dan Assistant St...

0 downloads 527 Views 7MB Size
JANUARI 2017

HERONEWS JOURNAL OF INFORMATION, EVENT, AND PROGRAM

05

11

12

STORE REFURBISHMENT HERO SUPERMARKET PONDOK INDAH MALL

HASIL YOUR VOICE COUNTS

HERO ANNUAL PHOTO COMPETITION

DAFTAR ISI 14

. Hero Go West USA Fruits . Bazar Natal Hero Timika

15

. Semangat Baru Giant Ekstra Maspion Surabaya . Lomba Mewarnai & Menggambar Giant Ekspres Panji Tilar

16

Festival Senam Giant Ekstra Rajawali

17

. Lomba Mewarnai Giant Pondok Chandra . Donor Darah Giant Alam Sutera

STORE REFURBISHMENT HERO SUPERMARKET PONDOK INDAH MALL

05

18

. Kegiatan Bulanan Giant Ekstra Taman Yasmin . Kecerian Anak-anak Belanja di Giant Botani Bogor

19

HASIL YOUR VOICE COUNTS

11

. Family Day dan Lomba Mewarnai Giant Pekalongan . Senam Sehat Giant Kalimalang bersama Procold

20

. Nonton Bareng di Giant Magelang Pakelan dan Giant Tole Iskandar . Ulang Tahun ke-3 Giant Palem Semi

21

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Profile : Ayu Restika - Apoteker dan Assistant Store Manager Guardian Lotte Shopping Avenue

2

HERO ANNUAL PHOTO COMPETITION

12

TERTARIK DENGAN PROGRAM

HERO GROUP WINS 2 AWARDS OF DIRECT SOURCING, YLKI UNDANGGOVERNANCE HERO GROUP GOOD CORPORATE SEBAGAI NARASUMBER

13 08

22

New Entry Training Program Giant Ekstra Maramis – Manado

23

5 Tips meningkatkan semangat karyawan di awal tahun

FROM EDITOR Arief Istanto

Editor in Chief

B

anyak cerita terukir di tahun 2016 yang memberi Perusahaan tercapainya aspirasi dan kesuksesan. Menyambut tahun 2017, demi mempertahankan posisinya sebagai pelopor dalam bisnis ritel Indonesia, Hero Group senantiasa melakukan inovasi terbaik demi memuaskan pelanggan setianya. Pencapaiannya pun membuahkan hasil yang baik. Perusahaan melakukan strategi pengembangan bisnis dengan melakukan refurbishment pada toko Hero Supermarket Pondok Indah Mall. Seluruh konsep pada toko secara keseluruhan diubah menjadi ethnic modern mulai dari suasana, pencahayaan, ornamen, gondola, seragam karyawan dan masih banyak lagi. Refurbishment ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan mereka pengalaman yang lebih baik dalam berbelanja. Tentu pada akhirnya, Hero Supermarket bisa tetap memimpin toko premium di Indonesia. Membuka tahun yang baru, Hero Group memberikan kesempatan bagi seluruh karyawan dari seluruh unit bisnis untuk mengirimkan hasil karyanya berupa fotografi, untuk dimasukkan ke dalam Laporan Buku Tahunan. Dalam merealisasikan hal ini, Perusahaan mengadakan kompetisi bertajuk “Hero Annual Report Photo Competition”, yang dibagi menjadi tiga kategori yakni store ambience, team spirit dan customer. Karyawan sangat antusias mengikuti kompetisi ini, terbukti dari diterimanya sebanyak 272 submisi foto.

Managing Editor

Audi Hadiwijaya

Editor

Oktavia Wiliasih Editor

Amy Yulia Gultom

Creative Designer

Mari kita optimis menyambut tahun 2017 dengan semangat baru dan terus melakukan langkah yang tepat untuk mengisi kemajuan perusahaan. Silahkan mengakses Hero News melalui website: http://www.hero.co.id/media/heronews. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk terus berusaha memberikan yang terbaik agar pembaca setia Hero News dapat mengakses Hero News dengan mudah dimana pun dan kapan pun! Selamat membaca Hero News.

Kontributor Fia Arwinta (External Comm), Pamela Octavianie (External Comm), Helen Marlina (External Comm), Pradita Bunga (Internal Comm), Andika Saputra (CSR), Yadi Hendiyana (CSR), Lucky Untung (Hero Supermarket), Linda (Giant), Evi Nurulita (Guardian), Liong Hok Min (HLC), Rizka F. Bachdar (HLC), Ageng Andreas (Training Commercial), Mardi Utomo (Properti).

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Ada juga berita tentang toko-toko yang kerap menambah eksistensinya dalam kegiatan bermanfaat yang dilakukan. Dari HLC, New Entry Training Program dilakukan kepada seluruh karyawan baru Giant Ekstra Maramis sebelum toko tersebut dibuka. Ini merupakan program dasar yang bertujuan untuk membangun karakter dan sikap kerja para karyawan di toko, sehingga mereka siap dan mampu bersama-sama membangun bisnis yang berkelanjutan kedepannya.

Natalia Lusnita

3

PRESIDENT MESSAGE

STEPHANE DEUTSCH Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk

S

aya berharap Anda dan keluarga diberikan kesehatan dan kemakmuran di tahun 2017.

Saya ingin mengucapkan ‘Terima kasih’ kepada para pelanggan dan mitra bisnis, serta kepada seluruh karyawan atas kontribusi yang memungkinkan kita semua untuk mencapai hasil yang patut diapresiasi pada 2016. Hal ini bisa dicapai terlepas dari persaingan bisnis yang sangat menantang di tahun lalu. Karena itu saya dengan yakin menyatakan bahwa perusahaan kita telah melewati titik sulit sejak 2015 dan sekarang sedang menuju ke tujuan kita, yaitu untuk menjadi ‘perusahaan yang hebat’. Awal tahun selalu menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk memperkuat komitmen dalam melanjutkan program dan kegiatan yang telah dicapai di tahun lalu.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Tahun ini, kita ingin mempercepat langkah-langkah kita dengan rencana ekspansi yang kuat. Lingkungan bisnis akan menantang tetapi untuk mengatasi semua ini, kita harus menghilangkan kekurangan di tahun-tahun sebelumnya dan mengambil suatu langkah besar. Sebagai karyawan, Anda harus memastikan bahwa Anda memberikan dampak positif kepada bisnis dengan baik dengan cara meningkatkan produktivitas atau mengurangi biaya atau keduanya. Sebagai manajemen kita harus terus secara proaktif mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak lingkungan bisnis yang merugikan dengan terus mendorong PERUBAHAN dalam proses dan strategi perusahaan.

4

Perubahan kita dapat dilihat secara mengesankan di Hero Pondok Indah. Refurbishment dari toko akhirnya dapat diselesaikan dan kita semua bangga dengan tampilan baru dari Hero Supermarket. Dengan mengerti karakteristik pasar, kita memperbaharui tampilan kita dan berupaya untuk memberikan yang terbaik yang dapat kita berikan kepada pelanggan. Sekarang dengan image yang lebih segar dan premium, kita berkomitmen untuk memperkaya kebutuhan sehari-hari pelanggan dengan menciptakan produk dan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan pelanggan. Kita telah mengubah pasar, produk, proses, ekspektasi pelanggan dan pola pikir mereka dalam waktu singkat. Namun ada beberapa hal yang tidak bisa berubah yaitu hasrat kita sebagai pelopor, komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan dan kepedulian kita terhadap lingkungan. Kita akan tetap berada di garis depan dalam inovasi pengembangan produk, mempengaruhi kemampuan kita untuk mengungguli para pesaing dan menyediakan pelanggan dengan produk yang menjadi ciri khas inovasi HERO Group.

SPECIAL REPORT

Store Refurbishment Hero Supermarket Pondok Indah Mall

K

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

amis, 22 Desember 2016, Hero Group dengan bangga meluncurkan kembali toko Hero Supermarket Pondok Indah Mall 1 dengan konsep baru. Tepat pukul 09.00, manajemen Hero Group dan tim operation Hero Supermarket terlihat telah berkumpul dan siap membuka toko. Acara ini dihadiri oleh Direktur Operation Hero Group Bapak Stefanus Mulianto yang sekaligus membuka acara dengan memberikan sambutan dan menggunting pita bersama Direktur HR Ibu Hilda Wibowo, Territory Head Hero Supermarket Bapak Tulus Prasetyo, Regional Manager Hero Supermarket Bapak Everd Arif dan Store Manager Hero Supermarket Pondok Indah Mall Ibu Sri Cahyaningrum. Acara kemudian dilanjutkan dengan seremonial sederhana pemotongan tumpeng. Para tamu dan pelanggan pun mulai memasuki toko untuk menikmati suasana baru.

5

SPECIAL REPORT

Sebelum acara peluncuran toko, tim Hero News berkesempatan untuk mewawancarai Ibu Felyncia (Head of Marketing Giant & Hero Supermarket) dan Ibu Karlina Elisabet Wirian (GM SDD Hero Supermarket) dan bercerita latar belakang diadakan refurbishment atau pembaharuan ini. “Kami mengunjungi Bangkok selama 3 hari pada September 2015 untuk melakukan survey dan melihat semua toko premium di sana karena pasar premium di Bangkok tak jauh berbeda dengan Jakarta.”, ungkap Ibu Karlina.

Ibu Felyncia & Ibu Karlina

Dalam pembaharuan konsep ini tentu yang diinginkan adalah sesuatu yang berbeda. “Apa yang kami lihat di Bangkok sangat berbeda dengan apa yang kita miliki di Indonesia. Jika kita melihat semua pesaing Hero Supermarket, biasanya mereka memiliki suasana agak redup dan sangat hangat. Apa yang kita lihat di Bangkok benar-benar cerah, sehingga pelanggan dapat langsung melihat semua aneka kesegaran produk. Pada akhirnya konsep ini kami bawa ke Indonesia.”, tambah Ibu Felyncia.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

What's New?

6

Ambience atau suasana di toko Hero Supermarket Pondok Indah Mall memiliki konsep baru yang diubah dengan menampilkan cahaya lebih terang dengan efek elegan dan lembut. “Sebelumnya, Hero Supermarket PIM pernah di refurbish pada tahun 2009 dengan konsep cozy yang menggunakan lampu agak redup. Namun kali ini diubah total menggunakan lampu yang lebih bright.”, ungkap Ibu Sri Cahyaningrum, Store Manager Hero PIM. Dengan ornamen yang dominan memiliki warna kayu dan putih membuat suasana toko menjadi smart modern dan homey, sehingga pelanggan lebih nyaman melihat sekelilingnya dan berbelanja. Semakin lama mereka berada di toko, semakin banyak mereka akan berbelanja. Berbeda dengan konsep lama, suasana ukiran batik parang dan batik kawung menghiasi tampilan toko untuk tetap menjaga tradisi Indonesia. Tampilan gondola dan rak yang baru juga terlihat lebih segar dan memberikan nuansa etnik modern dengan motif batik tersebut. Ibu Wirna Soeratno (Director Property Design and Construction) mengatakan “Indonesia adalah negara yang hangat, kami mengusung konsep etnik modern agar menonjolkan tradisi Indonesia, oleh karena itu kami masukkan ornamen batik dan kayu gelap agar lebih bold, mewah dan membuat pelanggan merasa nyaman. Selain itu, batik parang memiliki filosofi eagerness menunjukkan bahwa kami adalah ritel bisnis yang ingin terus maju. Sedangkan batik kawung memberikan kesan hangat dan dapat mengayomi pelanggan”

and Property

eam

Project T

SPECIAL REPORT

Dari sisi marketing, adapun beberapa shelving yang berisi label ‘Country of Origin’ dengan tujuan agar pelanggan bisa melihat negara asal produk yang dipajang. Selain itu, label ‘WOW’ juga menginformasikan produk yang sedang promosi, serta label ‘New on the Shelves’ menunjukkan produk baru yang dijual di Hero Supermarket.

Adapun TV yang dipajang di depan pintu masuk toko sebagai alat komunikasi untuk menginformasikan produk yang ada dan informasi yang berkaitan dengan Hero Supermarket. Dengan adanya TV Informasi ini, Hero Supermarket mulai merambah ke dunia digital.

Dari sisi produksi, area Fresh diperluas agar ruang untuk pelanggan dalam memilih barang lebih leluasa. Selain itu, Hero Supermarket PIM memberikan lebih banyak pilihan produk fresh mulai dari daging -dagingan, buah-buahan serta sayuran. Selain itu, timbangan tradisional tersedia di setiap showcase produk fresh, selain membawa nuansa etnik modern, alat ini memberikan pengalaman unik kepada pelanggan dalam berbelanja.

Adapun inovasi penyajian baru produk RTE (Ready To Eat) dengan design food stall sehingga lebih menarik dipandang. Produk RTE yang disajikan pun beragam, mulai dari buah potong, jus segar, ayam panggang, kentang goreng, aneka dimsum, aneka sandwich, aneka salad dan lainnya.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Aksesoris Point-of-Purchase (POP) di area inipun memiliki design baru yang lebih eye-catching dengan basket display berwarna coklat tua, sehingga lebih menonjolkan produk dan menunjukkan ke pelanggan bahwa Hero Supermarket memiliki barang import yang cukup bagus.

7

SPECIAL REPORT

O'FOURNIL BAKERY

“Adonan roti dan pastry di bakery lain mungkin didapatkan dari supplier, namun seluruh resep di O’Fournil diolah sendiri dari awal oleh internal, resep original dari Bapak Guillaume Lansoy, Fresh Director”, ujar Ibu Karlina. In-house bakery ini merupakan salah satu daya tarik konsumen saat berbelanja di Hero Supermarket PIM. Ini juga merupakan unique selling point dari Hero Supermarket PIM, karena konsep bakery ini baru dan roti diproduksi di dalam toko ‘fresh from the oven’, sehingga aromanya menggoda pelanggan yang baru memasuki toko.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

O'CAVO WINE COUNTER

8

Sekitar 40 sampai 50 jenis roti dibuat baru setiap harinya. O’Fournil Bakery memiliki konsep open kitchen yang memikat pelanggan agar dapat langsung menyaksikan Nicolas Lehoux (National Baker Advisor Hero Group) dan tim bakery dalam pembuatan roti-roti tersebut.

Selain bakery, wine counter juga tersedia untuk pelanggan Hero Supermarket, dengan menyajikan berbagai macam pilihan wine dari berbagai negara. Sebelum refurbishment, wine counter ini terletak di samping kasir, namun setelah di design ulang, kini O’Cavo tampil lebih modern. Ibu Karlina menambahkan, “Nama O’Cavo dan O’Fournil dibuat oleh kami. Kita bisa memasarkannya sebagai bagian dari merek Hero karena telah menjadi bagian dari total konsep Hero Supermarket”.

SPECIAL REPORT

Tidak hanya penampilan toko yang terlihat lebih segar, penampilan tenaga kerjanya juga terlihat lebih berwarna dengan seragam yang baru. Seragam karyawan dari setiap divisi dibedakan oleh beberapa warna.

Why Refurbish?

Hero Supermarket Pondok Indah Mall menjadi pilihan diadakannya refurbishment karena memiliki potensi yang sangat besar.

Melihat dari demografi pelanggan, Pondok Indah Mall sendiri merupakan salah satu premium mall yang terletak di Jakarta, dan memiliki mayoritas pelanggan dari kelas medium keatas. Maka dalam mengiringi perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan, Hero Supermarket PIM pun melakukan upgrade terhadap tokonya untuk menjadi premium. Dengan memuaskan pelanggan, tentu toko akan memiliki peluang penjualan dan profitabilitas yang lebih baik.

Melihat dari seluruh perbaikan yang baru, tujuan utama dari refurbishment ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. “Apapun yang kita lakukan tujuannya adalah untuk kepentingan konsumen. Hero Supermarket sudah sekian lama tidak meremajakan wajahnya, jadi kita berikan kesempatan untuk customer kita agar memiliki experience yang lebih baik dalam berbelanja, menyediakan produk-produk yang lebih banyak dan berkualitas sehingga pilihan mereka menjadi lebih bervariasi.”, ujar Bapak Stefanus Mulianto saat acara peluncuran toko. Selain untuk pelanggan, refurbishment ini dilakukan untuk kembali memimpin toko premium di Indonesia dan menjadi yang terbaik diantara pasar ritel lainnya.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

“Refurbishment ini membuat traffic pelanggan meningkat, dan tentunya akan berujung di melonjaknya penjualan. Saat ini penjualan yang membaik sudah terjadi di Fresh dan Perishable, tinggal bagaimana kita melayani customer untuk membuat semuanya inline. Jika ambience sudah bagus, kita dari sisi operation berkomitmen agar servis juga harus lebih baik.”, ungkap Bapak Tulus Prasetyo. Projek ini memakan waktu kurang lebih 1 tahun 3 bulan karena dibangunnya konsep baru yang benar -benar dimulai dari awal. Namun, seluruh upaya membuahkan hasil yang baik, karena hingga saat ini Hero Pondok Indah Mall berada di posisi no. 1 diantara seluruh total Hero Supermarket di Indonesia. Dengan suksesnya projek ini, Ibu Karlina mengakui bahwa apa yang diraih hari ini dan hasil yang dimiliki sekarang berdasarkan pada usaha dan kerja setiap departemen yang terlibat.

9

SPECIAL REPORT

Komentar Pelanggan Hero Supermarket PIM :

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Mrs. F elic New Gita, Papua uinea

10

“Refurbishment ini sangat membawa perubahan positif untuk pelanggan maupun toko ini sendiri. Dengan atmosfir baru yang homey sangat memberikan pengalaman berbelanja yang baru kepada pelanggan, serta dengan pencahayaan yang lebih terang tentu memudahkan mereka untuk menemukan barang sehingga mereka lebih nyaman berbelanja. Selain itu, konsep baru in-house bakery membawa suasana berbeda dan nilai plus di toko”

“Saya mengunjungi Hero Supermarket berkali-kali. Setelah diperbaharui, toko ini jauh lebih baik karena memiliki begitu banyak jenis produk dan suasananya pun benar -benar nyaman”

“Peletakan barangnya lebih bagus dan lebih gampang mencarinya. Suasananya pun lebih enak dan petugasnya semakin ramah.”

Komentar Ibu Sri Cahyaningrum, Store Manager Hero Supermarket PIM Ibu Ta Indahri, Pondok reside nt

k a, Pondo Ibu Ratn resident Indah

“Hero Supermarket saat ini lebih bagus dan lebih rapi, terutama untuk pilihan sayurnya yang kini lebih segar.”

SPECIAL REPORT

“Dalam survei ini, karyawan dapat menyampaikan pendapatnya dengan terbuka karena survei ini bersifat rahasia, dan kerahasiaan data responden sangat dijaga. Oleh karena itu, Dairy Farm menggandeng AON Hewitt dalam menyelenggarakan survei ini. Dari hasil survei yang didapat, manajemen akan melakukan action plan untuk meningkatkan tingkat engagement karyawan di negara masing-masing, yang pada akhirnya dapat berkontribusi meningkatkan engagement karyawan Dairy Farm secara keseluruhan". Hilda Wibowo

Director of Human Resource

Ciri-ciri engagement bisa dilihat dari 3 faktor, yakni:

APA ITU YVC? Your Voice Counts (Pendapat Anda Berharga) atau yang disingkat YVC adalah survei untuk mengetahui tingkat engagement atau keterlibatan seluruh karyawan Dairy Farm yang tersebar di semua negara dimana Dairy Farm beroperasi. Engagement sendiri adalah tingkat keterlibatan emosional dan intelektual yang dimiliki seorang karyawan terhadap perusahaan. Dengan kata lain, sejauh mana sebuah organisasi mampu memenangkan ‘hati dan pikiran’ karyawannya.

RESULTS

STAY: Artinya karyawan memiliki keinginan yang kuat untuk bertahan dan menjadi bagian dari perusahaan.

Indonesia Food

H&B (Guardian)

84%

Top 5 Engagement Category Scores - Indonesia Food

74% Improvement 20%

INDONESIA FOOD

64%

Improvement 16%

0.675

2014

2014

0.45

58%

0.6

INDONESIA HEALTH & BEAUTY (GUARDIAN)

Total Completes 1.519 Total Invitees 1.618 Response Rate (RR) 94%

86% 84% 82% 81% 81%

Top 5 Engagement Category Scores - H&B (Guardian) 2016

0.225

0

2016

0.2

0

Diversity & Inclusion VMV Customer Service Benefits Talent & Staffing

81% 78% 78% 76% 73%

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

13.916 13.568 97%

Diversity & Inclusion Work/Life Balance Safety Benefits Work Task

0.4

INDONESIA Total Completes Total Invitees Response Rate (RR)

STRIVE: Artinya karyawan berupaya sekuat tenaga memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya untuk memberikan kontribusi demi kesuksesan bisnis/perusahaan.

YVC 2016 Engagement Result

Response Rate

Total Completes 11.677 Total Invitees 11.950 Response Rate (RR) 98%

SAY: Artinya karyawan secara konsisten menyampaikan hal-hal yang positif tentang perusahaan kepada orang lain (rekan kerja, keluarga, teman dan (paling kritikal) kepada pelanggan/calon pelanggan).

Dari hasil survei yang didapat, isu yang muncul pun berbeda untuk setiap departemen, maka action plan yang akan diambil juga berbeda. “Setiap departemen akan merumuskan dan menentukan action plan-nya masing-masing yang selanjutnya akan ditindaklanjuti.”, ungkap Bapak Mahyudanil Lubis (General Manager Organization & People Development).

Survei YVC ini sudah dilakukan 3 kali sejak 2014, dimana yang pertama sama seperti tahun ini dilakukan untuk target responden seluruh karyawan, dan di tahun berikutnya target responden untuk level Manager ke atas. Untuk tahun 2017, YVC kembali dilakukan untuk level Manager ke atas sehingga pola pelaksanaannya adalah 2 tahun sekali dengan target populasi yang sama, dengan tujuan agar dapat membandingkan progres engagement karyawan dari survei sebelumnya.

11

NEWS

HERO ANNUAL REPORT

PHOTO COMPETITION satisfaction (kepuasan pelanggan). Darwis mengakui bahwa dia mengalami kesulitan saat memilih foto-foto, karena peserta memiliki kualitas foto yang hampir sama. Sedangkan untuk kategori store ambiance, menurut Darwis foto yang unggul harus memiliki objek menarik, warna kuat dan juga komposisi interior yang bagus. Selain itu, foto yang menarik harus berbeda dengan foto lainnya.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

H

12

ero Group selalu mendukung kreativitas dari para karyawannya dan sebagai bentuk apresiasi perusahaan pada karyawannya, maka mereka diberi kesempatan untuk mengirimkan hasil karyanya berupa fotografi, untuk dimasukkan ke dalam Laporan Buku Tahunan. Merealisasikan hal ini, Perusahaan mengadakan kompetisi bertajuk “Hero Annual Report Photo Competition” yang berlangsung mulai tanggal 10 November 2016 - 10 Januari 2017. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam kompetisi ini, store ambience, team spirit dan customer. Karyawan sangat antusias mengikuti kompetisi ini, terbukti dari diterimanya 272 foto oleh panitia dari seluruh unit bisnis.

Kompetisi ini merupakan ide menarik yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk karyawan dalam mengasah bakatnya dalam bidang fotografi, apalagi jika dapat dijadikan sebagai kompetisi foto tahunan, sehingga ada semangat dari karyawan. “Siapa tahu dapat dibuatkan tingkatan yang lebih tinggi lagi, Setelah dilakukan penjurian internal, misal ada Kurnia Award”, tutur Darwis. pada tanggal 18 Januari dilakukan final penjurian oleh Darwis Triadi (fotografer professional). Dalam proses penjuriannya, Darwis melakukan 2 tahap penilaian, yaitu mengambil 10 foto terbaik dan memilih 9 pemenang untuk setiap kategori. Dalam proses pemilihan foto, faktor yang diperhatikan selain pencahayaan adalah pesan yang disampaikan, tingkat kesulitan, ketelitian, persiapan saat handling kamera, ekspresi, visual, angel, dan sisi komersil.

Darwis mengatakan, untuk kategori team spirit, secara kualitas teknisnya lebih bagus, karena faktor lokasi yang mendukung dan kesiapan dari objeknya. Selain itu, kejelasan dari informasi yang disampaikan dari objek foto tersebut juga Dengan berakhirnya periode kompetisi mempengaruhi hasil penilaian. Secara ini, tahap berikutnya adalah penjurian teknis, komposisi warna juga memberikan internal yang dilakukan oleh Bapak pengaruh yang besar. Stephane Deutsch (Hero Supermarket), Bapak Colin Harvey (Guardian) dan Bapak Untuk kategori customer, Darwis Mark Magee (IKEA). Setiap juri memiliki berpendapat bahwa foto yang menarik pilihannya masing-masing untuk kategori adalah foto yang memiliki fokus interaksi, yang dikompetisikan, dan didapatkan 53 antara pelanggan dengan tim toko, foto yang berkesempatan untuk mengikuti sehingga didapatkan ekspresi customer tahap penjurian final.

Fotografi yang baik adalah ketika fotografernya dapat menangkap momentum yang tepat, karena mereka yang tahu persis kapan momen yang bagus untuk memotret. Sehingga adaptasinya lebih mudah dan didapatkan hasil yang luar biasa!

NEWS

Tertarik dengan program Direct Sourcing, YLKI undang HERO Group sebagai Narasumber

2

3 Desember 2016 yang lalu, HERO Group yang diwakili oleh Arya Kusumo, Manager CSR berkesempatan menjadi salah satu narasumber pada acara Diskusi dan Press Conference “Penerapan Bisnis Inklusif untuk Kesejahteraan Komunitas Lokal” di Hotel Double Tree, Jakarta Pusat. Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ini bertujuan untuk lebih mengetahui dan mendalami perspektif bisnis inklusif para pelaku usaha dari segala bidang misalnya dari pengenalan program dan juga manfaat yang didapatkan para pelaku usaha dan masyarakat. Bisnis Inklusif adalah model bisnis yang memadukan keuntungan dengan prinsip-prinsip perubahan sosial dan lingkungan, juga menciptakan nilai tambah bagi mitra dalam setiap proses bisnis. Model ini telah diimplementasikan oleh HERO Group melalui salah satu program CSR yaitu direct sourcing yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Padjajaran, dan Institut Pertanian Bogor.

Tomy Perdana mengatakan, “Sebenarnya apa yang HERO Group lakukan dalam hal pasokan langsung telah dilakukan juga oleh retail lainnya, namun yang menjadi nilai tambah atau added value adalah HERO Group juga melakukan pembinaan secara langsung kepada para petani dan kami sebagai lembaga pendidikan turut mendampingi dan mengawasi karena dalam proses pelaksanaannya pasti ditemukan beberapa tantangan saat bekerjasama dengan kelompok tani dan HERO Group berkomitmen untuk memberikan pembayaran dengan tempo lebih cepat”. Beberapa perwakilan dari retail dan bidang usaha lainnya juga menghadiri acara tersebut untuk saling bertukar informasi tentang apa saja yang sudah dilakukan dalam menerapkan bisnis inklusif di perusahaan masing-masing. “Pada intinya HERO Group ingin memberikan kontribusi positif dimanapun kami berada, karena kami menyadari setiap peran serta dari para pelaku usaha akan mempengaruhi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan bangsa sehingga mampu mengantarkan Indonesia ke masa depan yang lebih baik,” ungkap Arya Kusumo menutup presentasinya pada diskusi tersebut.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

“Tujuan HERO Group melakukan program direct sourcing ini adalah ingin memberikan peluang kepada para kelompok tani untuk lebih berkembang dengan menyalurkan produknya secara langsung ke HERO Group, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan lebih besar daripada menjual kepada tengkulak. Selain itu keterlibatan perguruan akan berfungsi untuk meneliti serta mentransfer ilmu dan teknik pertanian termasuk dalam hal manajemen pertanian. Melalui proses pembinaan dan pendampingan yang dijalankan tersebut, HERO Group akan mendapatkan produk pertanian yang lebih berkualitas sesuai dengan standar retail dan lebih kompetitif dengan pasokan langsung dari petani,” ujar Arya Kusumo di hadapan para tamu yang hadir pada hari itu.

Acara tersebut juga menghadirkan Dr. Tomy Perdana, SP., MM (Kelompok Riset Sistem Rantai Pasok dan Logistik Pertanian Universitas Padjajaran Bandung), Jalal (Pengamat CSR) dan Nurhadi (Anggota Asosiasi Petani Indonesia) sebagai pembicara yang berbagi pengetahuan, pengalaman, maupun pandangan mengenai bisnis inklusif.

13

NEWS

HERO GO WEST USA FRUITS

J

umat, 16 Desember 2016 lalu, program Go West USA Fruits Festival digelar di Hero Mall Puri Indah. Ini merupakan program penjualan produk buah segar asal Amerika seperti anggur, apel, pir, plum, cherry, strawberry dan buah lainnya. Ini merupakan rangkaian program pamungkas yang sudah berjalan di 10 toko Hero Supermarket. Program ini bertujuan untuk mempromosikan buah-buahan asal negeri Paman Sam dan selanjutnya produk tersebut dapat lebih dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia, khususnya pelanggan setia Hero Supermarket. Acara ini dihadiri oleh Konsul Pertanian Amerika Mr. Ali Abdi yang sekaligus membuka acara dengan menggunting untaian melati bersama Territory Head Bapak Christianus SW yang mewakili manajemen Hero Group, Managing Director PEKA Consult Bapak Kafi Kurnia serta perwakilan Hero Fresh Departemen Ibu Ila Kristiawati di area pintu utama Hero Mall Puri Indah.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Di tengah antusiasnya para pengunjung dan pelanggan Hero Mall Puri Indah, dalam kesempatan itu Mr. Ali Abdi turut bergabung bersama Chef Edrian Tjia yang sedang melakukan demo memasak sambal apel Washington Granny Smith dabu-dabu. Selain demo masak, live music persembahan dari Alabama Country Music juga turut menyemarakan acara Hero Go West 2016.

14

BAZAR NATAL HERO TIMIKA

M

enyambut perayaan Natal lalu, Hero Timika melakukan kegiatan bazar di dua desa, yakni Desa Banti dan Desa Kimbely yang terletak sekitar 30 menit dari Tembagapura. Kegiatan yang dilakukan pada 22 & 23 Desember ini merupakan agenda tahunan yang diadakan atas kerjasama Hero Group dan PT Freeport Indonesia. Seluruh persiapan bazar didukung oleh tim Departemen Social & Local Development Freeport Indonesia, aparat keamanan dari kepolisian maupun koramil. Perjalanan yang ditempuh pun harus melewati medan pegunungan untuk tiba di kedua desa tersebut. Dalam bazar, barang yang dijual berupa bahan makanan pokok seperti beras, gula dan tepung, mie instan, bumbu masak, daging ayam, roti, biskuit, makanan ringan serta air mineral. Warga desa sangat antusias dan terbantu dalam pengadaan kebutuhan acara perayaan Natal, karena mereka tidak perlu menempuh jarak jauh dan medan pegunungan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

NEWS

SEMANGAT BARU GIANT EKSTRA MASPION SURABAYA

S

elasa, 3 Januari 2017, seluruh karyawan Giant Maspion Surabaya mengenakan baju merah untuk melambangkan semangat mengawali tahun 2017. Dengan tema “Keep Spirit, Ready for Success”, karyawan membagikan morning snack dan minuman kepada 20 pelanggan pertama yang datang pada hari tersebut. Para pelanggan yang datang pun senang dengan upaya pendekatan ini. “Program ini adalah bentuk penghargaan kepada pelanggan Giant Maspion”, ucap Ibu April Wahyu Store Manager Giant Maspion. Untuk selanjutnya, kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis selama tahun 2017. Di sore hari, untuk mengawali awal tahun dan sebagai wujud syukur, kegiatan istighosah diadakan bersama para karyawan Giant Maspion dan 20 anak yatim dari panti asuhan Raudatul Banat. Seluruh kegiatan yang dilakukan bertujuan agar tim semakin kompak dan bersemangat mencapai kesuksesan di tahun 2017, serta membuat Giant Maspion semakin dekat di hati pelanggan.

LOMBA MEWARNAI & MENGGAMBAR GIANT EKSPRES PANJI TILAR

B

anyak aktivitas telah dilaksanakan di Giant Ekspres Panji Tilar Lombok, namun yang banyak diminati pelanggan salah satunya adalah lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak. Bekerja sama dengan Model Lombok Agency, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Januari 2017.

Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha Giant Ekspres Panji Tilar dalam membina hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan adanya aktivitas ini diharapkan mampu menambah image Giant Ekspres Panji Tilar, tidak hanya sebagai tempat berbelanja keluarga tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi putra putri pengunjung setia Giant Ekspres Panji Tilar.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Di akhir pekan tersebut, area parkir toko terlihat dipenuhi oleh 200 peserta lomba dari Taman Kanak-kanak kota Mataram. Selama diadakan lomba, peserta didampingi oleh orang tua masing-masing. Setelah para peserta menyelesaikan hasil karyanya, sementara menunggu hasil keputusan juri, banyak dari mereka berbelanja di toko. Akhirnya hasil yang ditunggu pun tiba yakni pengumuman dan pembagian hadiah. Dengan sportivitas tinggi, peserta pun menerima hasil keputusan juri dengan semangat.

15

NEWS

Festival Senam Giant Ekstra Rajawali

T

erlihat suasana yang berbeda di area parkir Giant Ekstra Rajawali pada Minggu 18 Desember 2016 yang lalu, rupanya keramaian hari itu karena adanya acara Festival Senam Yoga dan Senam Perwosi (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) dalam rangka peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2016. Tampak hadir pada acara itu Ketua Perwosi Jawa Timur yang juga Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dan Ibu Sekda Kota Surabaya, Chusnur Ismiati Hendro serta beberapa pejabat dari dinas provinsi dan dinas kota Surabaya yang turut mengikuti rangkaian acara Festival Senam tersebut. Setelah sambutan dari Ibu Wakil Gubernur dan manajemen Giant, para peserta sebanyak 1200 orang mulai melakukan senam dengan penuh semangat. Tak hanya senam saja, adapun UKM binaan Provinsi Jawa Timur yang turut meramaikan acara pada pagi itu.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Di hari berikutnya, dalam rangka memperingati Maulid Nabi 1438 H, Giant Ekstra Rajawali mengadakan pengajian bersama. Dilakukan di area loading penerimaan barang, sekitar 100 orang termasuk manajemen, staf, dan outsource yang mencakupi cleaning service dan security mengikuti kegiatan itu. Selain kegiatan mengaji, adapula pertunjukan sholawatan oleh Albanjari As-Subhan, tausyiah dan pemotongan tumpeng yang menutup acara hari itu.

16

Pada lain kesempatan, demi keselamatan bersama Fire and Evacuation Drill dilakukan di Giant Ekstra Rajawali. Diawali dengan adanya simulasi kobaran api di area GFC dan RTE, seluruh karyawan dievakuasi dan ditunjukkan cara penanganan jika terjadi kebakaran di toko. Tim LP Surabaya memberikan cara penanganan korban dan demo menjinakkan api dengan alat pemadam api ringan, hydrant air dan karung goni basah. Bapak Hendrik Simanjuntak Store General Manager Giant Ekstra Rajawali juga turut mempraktekkan cara penanganan tersebut.

NEWS

B

ekerja sama dengan Campina, Giant Pondok Chandra Sidoarjo mengadakan Lomba Mewarnai pada 4 Desember 2016. Ketika toko buka pukul 10.00, total 147 peserta sudah memenuhi area Fresh tempat diadakannya lomba. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok A untuk anak umur 5-7 tahun dan kelompok B untuk anak umur 8-10 tahun. Durasi lomba selama dua jam dimanfaatkan dengan baik oleh tangan-tangan terampil para peserta lomba. Dalam acara ini para orang tua tidak diperkenankan mendampingi anak-anaknya, sehingga mereka keliling berbelanja di toko.

Lomba Mewarnai Giant Pondok Chandra

Sambil menunggu pengumuman pemenang, peserta lomba mengisi waktu dengan melakukan lomba makan es krim. Acara pun dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dan ditutup dengan pertunjukan teater Sinbad oleh tim Ciputra Waterpark Surabaya. Seluruh pemenang mendapatkan voucher belanja, piala dan goodie bag. Dengan diselenggarakannya aktivitas ini, Giant diharapkan dapat memberikan kenyamanan lebih untuk keluarga berbelanja.

Donor Darah Giant Alam Sutera

D

emi meningkatkan kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, Giant Alam Sutera mengadakan kegiatan donor darah di lantai 1 toko Giant pada 17 Desember 2016. Pukul 09.00, karyawan dan juga pelanggan sudah memenuhi area berlangsungnya kegiatan donor darah. Antusiasme mereka guna mendukung ketersediaan stok darah nasional sangat terlihat dari banyaknya jumlah karyawan yang mendaftar. Dari total 102 peserta yang mengikuti prosedur pengecekan HB dan tensi darah sebelum mendonor, terdapat beberapa peserta yang gagal karena kondisi mereka kurang prima saat itu. Alhasil, sebanyak 73 kantong darah berhasil terkumpul.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

17

NEWS

Kegiatan Bulanan Giant Ekstra Taman Yasmin

G

iant Ekstra Taman Yasmin kembali mengadakan berbagai aktivitas dari awal sampai akhir Desember 2016. Dimulai dari kegiatan Lomba Mewarnai pada tanggal 4 Desember lalu, lomba ini diikuti oleh 130 peserta usia 4-6 tahun dengan tujuan untuk mengenal minat anak dalam seni mewarnai serta meningkatkan motorik pada anak. Anakanak yang berhasil memenangkan lomba mendapatkan hadiah berupa piala, bingkisan dan voucher belanja di toko Giant.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Juli 2015 2016 January

Masih berkaitan dengan anak, pada tanggal 6 dan 7 Desember Giant Taman Yasmin kedatangan sekitar 40 anak murid dari sekolah TK Dua Putri dan TK Islam Nurul Hasanah. Dengan gembira, mereka diajak membuat ayam GFC dan berkeliling belajar mengenali produk-produk yang berada di toko.

18

Menutup akhir tahun, sebagai wujud partisipasi dalam memenuhi kebutuhan darah di Palang Merah Indonesia, Giant Taman Yasmin mengadakan kegiatan Donor Darah pada tanggal 22 Desember 2016. Kegiatan yang diadakan di area entrance ini menghasilkan 50 kantong darah diikuti oleh karyawan dan pelanggan Giant Taman Yasmin.

Kecerian Anak-anak Belanja di Giant Botani Bogor

P

ada tanggal 21 dan 22 Desember 2016, Giant Ekstra Botani Bogor dikunjungi oleh murid-murid Sekolah TKIT Tarbiyatun Nisaa. Kunjungan ini dibagi menjadi 2 hari, 57 anak di hari pertama dan 96 anak di hari kedua. Para murid diberi uang saku senilai Rp.40.000 untuk berbelanja di Giant. Mereka diajak mengunjungi produk area Fresh, dan dengan celoteh keceriaan, mereka berjalan bersama melewati lorong-lorong sambil berbelanja barang kesukaan mereka. Mereka belajar berhitung agar barang belanjaannya tidak melebihi uang saku yang diberikan. Disinilah Giant Botani Bogor memberikan pembelajaran kecermatan berbelanja dan keceriaan bagi siswa-siswi cilik.

NEWS

Family Day dan Lomba Mewarnai Giant Pekalongan

P

ada November lalu, Giant Pekalongan bekerja sama dengan Forvita mengadakan Lomba Mewarnai. Sekitar 50 anak berusia 4 – 6 tahun dengan gembira mengikuti lomba mewarnai buah-buahan. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menimbulkan kecintaan anak pada manfaat konsumsi buah-buahan serta meningkatkan daya beli pelanggan di toko Giant.

Senam Sehat Giant Kalimalang bersama Procold

Di lain kesempatan, untuk lebih meningkatkan rasa kedekatan dengan seluruh karyawan, Giant Pekalongan melakukan Family Day. Total 50 karyawan ikut serta dalam kegiatan yang diadakan selama 2 hari di Pemandian Air Panas Guci Tegal, yang berjarak tidak jauh dari Pekalongan. Kegiatan ini diperlukan untuk melepas kejenuhan dari rutinitas kerja serta membangun keakraban tim sehingga bisa menghasilkan kerja sama tim yang lebih solid lagi.

G

Kegiatan ini pun diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para juara lomba serta pembagian door prize dengan hadiah utama yakni magicom, blender, kipas angin, kompor gas, setrika dan dispenser. Selain meningkatkan jumlah pelanggan dan sales di Giant Kalimalang, kegiatan ini merupakan upaya pendekatan toko Giant kepada para pelanggannya serta meningkatkan kerjasama dan semangat kerja tim Giant Kalimalang. Teruskan hidup secara sehat Giant Kalimalang!

PT Hero PT Hero Supermarket Supermarket Tbk | Tbk Hero| Hero NewsNews January Juli 2016 2015

iant Kalimalang kali ini mengadakan senam sehat yang bekerja sama dengan Procold. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2016 di Giant Kalimalang diikuti oleh 220 peserta. Dalam kegiatan senam ini, turut diadakan Lomba Senam Heboh dan Kostum Terkreatif. Para peserta yang mayoritasnya ibu-ibu sangat antusias bergoyang mengikuti senam dan lomba saat itu.

19

NEWS

Nonton Bareng di Giant Magelang Pakelan dan Giant Tole Iskandar Maraknya pertandingan sepak bola piala AFF 2016 bulan Desember lalu menjadi ajang yang digunakan oleh Giant Magelang Pakelan dan Giant Tole Iskandar untuk menarik pelanggan. Kegiatan nonton bareng final pertandingan bersama pelanggan diselenggarakan pada 14 Desember dan 17 Desember 2016 bertepatan dengan final leg 1 dan final leg 2 Indonesia versus Thailand. Giant Magelang Pakelan mengadakan kegiatan ini di dalam toko yakni area Giant Fried Chicken. Banyak pelanggan yang sedang berbelanja mampir untuk menyaksikan pertandingan. Tempat duduk yang disediakan selalu terisi oleh pelanggan. Berbeda dengan Giant Magelang Pakelan yang memasang layar di dalam toko, Giant Tole Iskandar mengadakan ‘nonton bareng’ tersebut di area parkir. Sekitar 300 pelanggan Giant ikut serta dalam menyaksikan pertandingan ini. Di sela pertandingan, kegiatan dimeriahkan dengan aneka games seru dan door prize dengan syarat berbelanja minimum Rp.150.000 di Giant. Selain menarik pelanggan untuk berbelanja di Giant, momen ini digunakan untuk mempererat hubungan dan komunikasi serta memberikan fasilitas yang lebih kepada pelanggan agar semakin nyaman berbelanja.

Ulang Tahun ke-3 Giant Palem Semi Tanggal 19 Desember 2016 lalu, Giant Palem Semi tepat menginjak usianya yang ke-3 tahun. Perayaan sederhana pun dilakukan pada 29 November. Dalam perayaan tersebut, dilakukan pemotongan kue ulang tahun, pemotongan tumpeng, menyanyi bersama dengan organ tunggal dan beberapa permainan seru demi menambah suasana kekeluargaan. Sekitar 200 orang termasuk karyawan dan SPG/SPM hadir meramaikan perayaan tersebut.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Semoga Giant Palem Semi bisa terus berpartisipasi dalam membangun perusahaan dengan menjalin komunikasi yang baik dan tetap pada satu tujuan yakni mencapai target penjualan dan selalu memuaskan pelanggan.

20

Selamat Ulang Tahun Giant Palem Semi!

PROFILE

“Sebelum menduduki posisi saat ini, saya meniti pendidikan S1 Farmasi dan Apoteker sambil bekerja. Di Guardianlah saya bisa membagi waktu antara bekerja dan belajar. Dengan kerja keras dan keikhlasan menjalani keduanya, hasilnya pun memuaskan”.

egitulah ungkapan Ayu Restika, Apoteker dan Asisten Store Manager Guardian Lotte Shopping Avenue.

Wanita kelahiran Jambi tahun 1992 ini telah bergabung dengan Guardian pada Desember 2013. Menjadi Asisten Apoteker di Guardian Plaza Indonesia merupakan perkerjaan pertamanya. Ayu bekerja sambil meniti pendidikan S1 mengambil jurusan Farmasi dan Apoteker. Kuliah sambil bekerja merupakan tantangan baginya karena harus pergi pagi dan pulang malam setiap hari. “Tiada hari untuk liburan, yang ada terus belajar dan mencari uang. Selain untuk mencukupi kehidupan, saya bekerja untuk mengamalkan ilmu”, jelas Ayu. Dengan meraih IPK yang cukup tinggi, beliau menjadi mahasiswi terbaik saat itu. Dengan bekal pendidikan dan pengalaman menjadi Asisten Apoteker selama 3 tahun, wanita yang memiliki hobi mengaji dan membaca ini mengikuti program Manager in Training dan berhasil melonjakkan posisinya menjadi Apoteker beserta Asisten Store Manager Guardian Lotte Shopping Avenue hingga saat ini.

Dengan menduduki posisinya yang sekarang, adapun tantangan-tantangan yang harus dihadapi seperti tanggung jawab mengejar penjualan, menciptakan suasana yang nyaman untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan tim, serta mempersiapkan stoke take dan relaunch yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Namun, semua upaya ini membuahkan hasil. Relaunch berhasil dijalankan dengan peningkatan penjualan setiap bulannya dan tentunya karena kinerja tim yang kompak. Ayu pun berharap agar Hero Group selalu menjadi yang terdepan dalam dunia ritel, dan Guardian menjadi apotek modern sepanjang masa dengan penjualan yang meningkat dan customer service yang semakin baik.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

B

Ayu Restika - Apoteker dan Assistant Store Manager Guardian Lotte Shopping Avenue

21

HLC INFO

New Entry Training Program Giant Ekstra Maramis – Manado

S

eiring dengan perkembangan bisnis retail di Indonesia, tingkat persaingan akan retail modern semakin besar. Menyadari akan hal ini, Manajemen melakukan strategi pengembangan bisnis, salah satunya dengan menambah gerai / toko baru di beberapa kota besar di Indonesia. Giant Ekstra merupakan format toko yang menjadi prioritas untuk dikembangkan di tahun 2017. Manado, merupakan salah satu kota yang menjadi target untuk lokasi pembukaan toko Giant Ekstra. Hal ini juga dikarenakan di Manado belum terdapat satupun gerai Giant, baik Ekstra maupun Ekspres. Sebagai ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara, dengan memiliki luas daratan sebesar 15.726 hektare, serta jumlah penduduk 425.634 (data tahun 2015), kota Manado dinilai memiliki potensi yang baik dalam mengembangkan bisnis PT. Hero Supermarket Tbk.

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Setelah para karyawan baru menandatangani perjanjian kerja, mereka mengikuti New Entry Training Program (NETP) yang dilakukan oleh HLC selama 4 hari, pada tanggal 27 - 30 Desember 2016. Pelatihan ini setidaknya harus diberikan kepada para karyawan, 2 bulan sebelum pembukaan toko. Dikarenakan pembangunan toko masih dalam tahap penyelesaian, pelaksanaan pelatihan ini dilakukan di SMPN 10 Manado. NETP ini merupakan program dasar yang bertujuan untuk membangun karakter dan sikap kerja para karyawan di toko, sehingga mereka siap dan mampu bersama-sama membangun bisnis yang berkelanjutan kedepannya. Dari total 78 orang karyawan, 65% merupakan karyawan yang baru lulus sekolah dan belum bekerja sebelumnya.

22

Di hari pertama, para karyawan diberikan pembekalan akan Company Profile, dan sejarah perjalanan bisnis PT. Hero Supermarket Tbk, serta dijelaskan konsep bisnis dari Giant Ekstra. Untuk sesi kedua, dilanjutkan dengan pembekalan dari Divisi Loss Prevention, dari Bapak Winarto, yang menjelaskan apa yang dimaksud dengan shrinkage, SOP yang harus dipatuhi dan dijalankan terkait dengan bagian Loss Prevention. Di hari kedua, para karyawan dibekali tentang Basic Customer Service, dan dijelaskan kenapa melakukan pelayanan yang prima kepada para pelanggan adalah hal penting dalam bisnis retail. Di sesi berikutnya, para peserta dibekali akan materi tentang Fresh, Food Safety dan dilanjutkan dengan Display Management yang berlangsung sampai dengan hari ketiga. Dihari keempat, dilakukan Team Building, untuk menciptakan semangat kerja yang baik dan mengutamakan kerjasama tim antar Divisi maupun Department. Semoga pada saat pembukaan di bulan Februari 2017, dan sampai dengan selanjutnya, Giant Ekstra Maramis Manado akan selalu sukses dan semakin berkembang. Selamat bekerja bagi para karyawan Giant Ekstra Maramis Manado dan tetap semangat pagi...!

TIPS

KUIS Jenis batik apa yang digunakan sebagai ukiran di Hero PIM? A. Parang & Kraton B. Parang & Kawung

Jawaban Kuis Hero News Desember 2016 : A. Hero Greenspiring Movement Pemenang : 1. Ahmad Lili (99091503) 2. Astrid Juniaty (99131112) Hubungi Internal Communication untuk pengambilan hadiah (021 8378 8202) / [email protected]

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

Kirimkan jawaban serta NRP Anda ke [email protected] dengan subjek email : HERO QUIZ JANUARI 2017

23

NEWS

HERO ANNUAL REPORT

PHOTO COMPETITION

1 2

3

2nd Winner of Customer

Firoz Mohan - Giant Pasar Kemis

1st Winner of Customer

3rd Winner of Customer

M. Ainnudin Alwi - Hero Kota Wisata

Asih Wijiastuti - Corporate Secretary Head Office

1 2

3 PHOTO

PHOTO

2nd Winner of Team Spirit

Nawang Wulan - Giant Pondok Gede

PHOTO

3rd Winner of Team Spirit

M. Roni Fatah - Hero Kemang Village

1st Winner of Team Spirit

Danan Joyo - Guardian Kerobokan Bali

PT Hero Supermarket Tbk | Hero News Januari 2017

1

24

2

3

PHOTO 2nd Winner of Store Ambiance

Maryam Jamilah - IKEA Alam Sutra

1st Winner of Store Ambiance

Arif Wahyu S - Loss Prevention Head Office

Terima kasih atas partisipasi Anda

3rd Winner of Store Ambiance

Herno Andika - Giant Sentul City