LABORATORIUM KOMUNIKASI DAN DIGITAL ARSITEKTUR

Architectural AutoCad: Drafting/ Design/ Presentation. The Goodheart-Willcox Company Sarwono, Jonathan & Hary Lubis. 2007. ... Techniques for the Desi...

0 downloads 2 Views 748KB Size
PROFIL DAN RENCANA PROGRAM KERJA LABORATORIUM SEMESTER GANJIL DAN GENAP 2015/2016

LABORATORIUM KOMUNIKASI DAN DIGITAL ARSITEKTUR

Oleh: MUHAMMAD SATYA ADHITAMA ST.,MSc

JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG November 2015

PROFIL LABORATORIUM KOMUNIKASI DAN DIGITAL ARSITEKTUR J U R U S A N

A R S I T E K T U R

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Definisi Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur merupakan unsur pelaksana jurusan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua Jurusan Arsitektur. Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur mempunyai tugas dan melakukan pelayanan akademik yang menunjang tugas pokok Jurusan Arsitektur dalam bidang ilmu Komunikasi dan Digital Arsitektur sesuai dengan bidang praksis permodelan bangunan secara digital (digital building modelling), bidang praksis teknik presentasi arsitektur secara digital, dan bidang praksis manajemen bangunan dengan perangkat lunak.

Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur merupakan suatu wadah penunjang dan pengembangan fungsi-fungsi pokok bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian pada masyarakat dalam lingkup ilmu ke-arsitekturan khususnya pada bidang Komunikasi dan Digital Arsitektur. Secara fisik, Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur sebagai suatu wadah yang menyediakan dan menyiapkan sarana dan prasarana, baik perangkat lunak dan perangkat keras, guna menunjang fungsi-fungsi pokok tersebut, bagi kepentingan mahasiswa dan tenaga pengajar.

Dalam pengertian lebih luas (umum), Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur berhubungan dengan suatu bangunan fisik tempat melakukan sesuatu, jenis peralatan dan praktikum, pengelolaan laboratorium (organisasi dan sumber daya manusia) serta pengaturan yang berhubungan dengan keamanan dan keselamatan. Pada bidang arsitektur, Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur dimaksudkan untuk menunjang program studi agar lulusan mempunyai kompetensi sesuai dengan yang diharapkan di bidang arsitektur. (standar minimal Laboratorium Arsitektur, Dirjen Dikti, Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan, 2005).

Visi Menjadi laboratorium terdepan dalam pengembangan keilmuan komunikasi dan digital arsitektur di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada lingkup Nasional dalam kurun 10 tahun ke depan.

Misi 1. Sebagai wahana pembelajaran di bidang komunikasi arsitektur pada tataran presentasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas keberhidupan manusia, lingkungan alam dan lingkungan binaan yang berkelanjutan 2. Memberi pelayanan akademik dalam bidang ilmu komunikasi arsitektur serta menyelenggarakan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat 3. Menghasilkan sarjana arsitektur yang berbudi luhur, cerdik, cakap dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat sesuai dengan keahlian komunikasi arsitektur dalam berkarya di lingkup Nasional

Motto SMART ( Skill – Measurable – Actual – Realistic – Time )

Janji Layanan 1. Bersih dan kemas dalam perencanaan

(PLAN)

2. Rapi dan manfaat dalam pekerjaan

(DO)

3. Santun dan sopan dalam evaluasi

(EVALUATION)

4. Tertib dan terarah dalam tindakan

(CHECK)

Struktur Organisasi

KEPALA LABORATORIUM M. Satya Adhitama, ST, MSc

Keterangan:

Asisten LABORATORIUM

Garis instruksi

Lingkup Mata Kuliah Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur melingkupi 1 (satu) mata kuliah wajib muatan jurusan dan 3 (tiga) mata kuliah pilihan muatan jurusan. Rincian mata kuliah dalam pengelolaan Laboratorium Komunikasi dan Digital Arsitektur dapat dilihat dalam tabel berikut:

NO.

KODE MK.

1

TKA4202

2

TKA4117

3

TKA4219

NAMA MK.

Komputasi Arsitektur Presentasi Arsitektur Digital Permodelan Digital Arsitektur Privat-Publik

SKS

SEMESTER

SIFAT

KOMPETENSI

3

2

Wajib-Bukan Inti

Utama

3

5

Pilihan

Pendukung

3

6

Pilihan

Pendukung

3

7

Pilihan

Pendukung

Permodelan Digital 4

TKA4128

Arsitektur Kawasan Urban

Penjaminan Mutu Laboratorium (MP dan SOP) pengajaran Penjaminan mutu laboratorium berupa MP dan SOP mata kuliah mengacu pada silabus Mata kuliah sebagai mana terdapat dalam buku pedoman pendidikan jurusan arsitektur FT UB sebagi berikut:

Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Sks Sifat Prasyarat Semester Tujuan

: : : : : : :

Pokok Bahasan

:

Pustaka

:

TKA4202 Komputasi Arsitektur 3 sks Wajib Genap / 2 (dua) Mampu memahami dan menerapkan berbagai teknik penggambaran dan pemodelan rancangan arsitektur dalam media 2 dan 3 dimensi melalui pemanfaatan perangkat lunak komputer grafis. 1. Teknik Gambar 2 dan 3 dimensi melalui software AutoCad 2. Teknik Pemodelan 3 dimensi melalui software 3dsMax Boughen, Nicholas. 2005. 3ds Max Lighting. Wordware Publishing, Inc. Draper, Peter. 2004. Deconstructing the Elements with 3ds Max 6: Create Natural Fire, Earth, Air and Water Without. Focal Press. Madsen, David A., and Ron M Palma. 2002. Architectural AutoCad: Drafting/ Design/ Presentation. The Goodheart-Willcox Company.

Soma, Hari Aria. 2002. Referensi lengkap AutoCad: Kamus Besar AutoCad. Jakarta: Elex Media Komputindo. Yung, Kok. 2006. 192 Teknik Profesional 3D Studio Max. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Sks Sifat Prasyarat

: : : : :

Semester Tujuan

: :

Pokok Bahasan

:

Pustaka

:

Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Sks Sifat Prasyarat

: : : : :

Semester Tujuan

: :

Pokok Bahasan

:

TKA41117 Presentasi Arsitektur Digital 3 sks Pilihan Telah menempuh ≥ 48 sks; MK. Komputasi Arsitektur dengan nilai ≥ D. Gasal / 5 (lima) Mampu memahami dan menerapkan berbagai teknik komunikasi dan presentasi baik aktif maupun pasif pada berbagai kasus desain arsitektur yang komunikatif dan interaktif. 1. Teknik dan media komunikasi arsitektur 2. Teknik dan media presentasi arsitektur Andi. 2002. Panduan Aplikatif Teknik Rendering dalam AutoCad 2002. Semarang: Wahana Komputer. Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi. Madsen, David A., and Ron M Palma. 2002. Architectural AutoCad: Drafting/ Design/ Presentation. The Goodheart-Willcox Company Sarwono, Jonathan & Hary Lubis. 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi. Vihma, Susann & Seppo Väkevä. 2009. Semiotika Visual dan Semantika Produk: Pengantar Teori dan Praktik Penerapan Semiotika. Yogyakarta: Jalasutra. Yung, Kok. 2006. 192 Teknik Profesional 3D Studio Max. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

TKA4219 Pemodelan Digital Arsitektur Privat-Publik 3 sks Pilihan Telah menempuh MK. Pilihan Semester 5 kelompok keahlian yang sama dengan nilai ≥ D. Genap / 6 (enam) Mampu mengembangkan perancangan dan penelitian bidang arsitektur khususnya dalam metoda permodelan dan simulasi bangunan skala privat / publik, massa tunggal, dengan menggunakan perangkat lunak komputer. 1. Teknik pemodelan bangunan tunggal dalam simulasi arsitektur. 2. Pemodelan dan simulasi dalam perancangan dan penelitian arsitektur privat-publik. 3. Aplikasi program komputer dan pemilihan program. 4. Diskripsi dan analisa data simulasi.

5. Teknik evaluasi pemodelan dan simulasi bangunan

Pustaka

:

Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Sks Sifat Prasyarat

: : : : :

Semester Tujuan

: :

Pokok Bahasan

:

Pustaka

:

privat dan publik Groat, L. dan Wang, D. 2002. Architectural Research Methods. New York: John Wiley & Sons, Inc. Kenny, P. Dan Lewis, J.O. [eds]. 1995. Tools and Techniques for the Design and Evaluation of Energy Efficient Buildings, THERMIE Action No. B184. The European Commission Directorate-General for Energy (DGXVII). Stevens, G. 1990. The Reasoning Architect, Mathematics and Science in Design. New York: McGraw-Hill. Yung, Kok. 2006. 192 Teknik Profesional 3D Studio Max. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. TKA4128 Pemodelan Digital Arsitektur Kawasan Urban 3 sks Pilihan Telah menempuh MK. Pilihan Semester 6 kelompok keahlian yang sama dengan nilai ≥ D. Gasal / 7 (tujuh) Mampu mengembangkan kemampuan perancangan dan penelitian bidang arsitektur khususnya dalam metoda permodelan dan simulasi bangunan skala kawasan urban, massa majemuk, dengan menggunakan perangkat lunak komputer. 1. Teknik pemodelan kawasan urban dalam simulasi arsitektur. 2. Pemodelan dan simulasi dalam perancangan dan penelitian arsitektur kawasan urban. 3. Aplikasi program komputer dan pemilihan program. 4. Diskripsi dan analisa data simulasi kawasan urban. 5. Teknik evaluasi pemodelan dan simulasi kawasan urban. Groat, L. dan Wang, D. 2002. Architectural Research Methods, New York: John Wiley & Sons, Inc. Miller, Fitzhugh L. 2002. 3D Production Drafting and Presentation with AutoCad 2002. New York: Prentice Hall. Stevens, G. 1990. The Reasoning Architect, Mathematics and Science in Design. New York: McGraw-Hill Companies, Inc. Yung, Kok. 2006. 192 Teknik Profesional 3D Studio Max. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Laboratorium Rincian tugas dan tanggung jawab : 1)

Merencanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di laboratorium/studio dan kelompok keahlian di bawah koordinasinya.

2)

Menyusun rencana operasional pengembangan laboratorium/studio.

3)

Memberikan pelayanan bagi civitas akademika untuk melakukan pengembangan komunikasi dan digital; khususnya dalam kelompok keahlian di bawah koordinasinya.

4)

Menyiapkan jadwal kegiatan laboratorium/studio.

5)

Mengkoordinasikan

segala

kegiatan

akademik

yang

dilaksanakan

dalam

laboratorium/studiodalamkelompok keahlian di bawah koordinasinya. 6)

Melakukan pembinaan kepada asisten laboratorium dalam kelompok keahlian di bawah koordinasinya dalam rangka pengembangan keilmuan yang spesifik.

7)

Menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam rangka resource sharing dan pemberdayaan laboratorium/studio.

8)

Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana-prasarana dan kegiatan dalam laboratorium/studio.

9)

Melaporkan kegiatan sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan.

10) Membentuk team teaching ( tim dosen pengampu mata kuliah), berdasar hasil musyawarah mufakat kelompok keahlian di bawah koordinasinya. 11) Mengkoordinasikan segala kegiatan akademik yang dilaksanakan di dalam kelompok keahlian di bawah koordinasinya, terutama tentang pemilihan objek dan tema-topik praktek kerja serta Skripsi / Tugas Akhir. 12) Melakukan monitoring dan evaluasi atas kegiatan pelatihan 13) Melakukan

koordinasi

dalam pelaksanaan proses belajar

mengajar dengan

laboratoriumlain atau Ketua Jurusan. 14) Melaporkan kegiatan kelompok sekurang-kurangnya setiap semester kepada Ketua Jurusan

Asisten Laboratorium Rincian tugas dan tanggung jawab: 1)

Membantu kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di laboratorium/studio dan kelompok keahlian di bawah koordinasi Kepala Laboratorium.

2)

Menyusun dokumen rencana operasional.

3)

Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni

4)

Mematuhi dan menjalankan jadwal kegiatan laboratorium/studio.

5)

Melakukan pemantauan dan evaluasi atas ketersediaan sarana-prasarana.

6)

Menyiapkan dokumen monitoring dan evaluasi atas kegiatan akademik yang telah dilakukan

Dosen Yang Diperbantukan Untuk Mengajar No

Nama

Asal Laboratorium

1.

Dr. Eng. Herry Santosa, ST.,MT

Seni dan Desain Arsitektur

2.

Tito Haripradianto, ST.,MT

Seni dan Desain Arsitektur

3.

Agung Murti Nugroho,ST.,MT.,Ph.D

Sains dan Teknologi Bangunan

4.

Subhan Ramdlani, ST.,MT

Desain Pemukiman dan Kota

Dosen Yang Tergabung Dalam Organisasi No.

1

2

3

4

5

Nama Dosen

Muhammad Satya Adhitama

Agung Murti Nugroho

Herry Santosa

Tito Haripradianto

Subhan Ramdlani

Nama Organisasi Keilmuan atau Organisasi Profesi

Kurun Waktu

Tingkat (Lokal, Nasional, Internasional)

Acadia Association for Computer Aided Design in Architecture (ACADIA)

2014 - sekarang

Internasional

Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI)

2014 - sekarang

Nasional

Ikatan Arsitek Indonesia

2009 - sekarang

Nasional

Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI)

2013 - sekarang

Nasional

UK - Indonesia Researcher Network (UKIREN)

2014 - sekarang

Internasional

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

2006 - sekarang

Nasional

Architectural Institute of Japan (AIJ)

2012 - sekarang

Internasional

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

2000 - sekarang

Nasional

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

2000 - sekarang

Nasional

Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI)

2014 - sekarang

Nasional

Association of Architecture Organizations (AAO)

2014 - sekarang

Internasional

Daftar Asisten Laboratorium Komunikasi & Digital Arsitektur NO.

NAMA

NIM

1.

Bagus Suryo Atmojo

115060500111007

2.

Rizaldy Hari Kurniawan

115060500111005

3.

Arvin Lukyta

115060505111003

4.

Tsalats Falaqie Chandra No Hikari

125060507111014

5.

Alvath Tembria

125060500111060

6.

Adli Bulain

125060500111021

7.

Anggara Hascaryanto

125060507111001

Rekruitmen Regenerasi Penyelenggaraan Open Recruitment Asisten Laboratorium yaitu untuk mendapatkan penerus asisten Lab Komputasi Digital Arsitektur pada periode selanjutnya. Program ini akan diselenggarakan pada bulan September dengan penyelenggaraan sebagai berikut : 1)

Open Registrasi

2)

Seleksi Berkas

3)

Tes Seleksi Bakat

4)

Pengumuman Asisten Laboratorium Baru

5)

Mentoring Transisi ( Asisten Lama dab Asisten Baru )

6)

Acara Serah Terima

7)

Pendampingan Penuh

Flowchart Penggunaan Laboratorium Komputer

Fasilitas Laboratorium

No

Nama Barang

Merk

Jumlah

1

Cpu Dell Core I7

Dell core i 7

22

2

CPU Acer Core I3

Acer core i 3

12

3

Monitor Dell

Dell l

21

4

Monitor Acer

Acer r

12

5

Monitor LG

LG G

2

6

Monitor Asus

Asus s

1

7

Meja Komputer Abu-Abu

21

8

Meja Komputer Coklat

14

9

Cpu Intel Dual Core

10

Proyektor

11

Kabel Vga 25 M

Bafoo

1

12

Kabel HDMI 20 M

Bafoo

1

13

Switch HUB

Tenda 24 Port

2

14

White Board Tembok

board Tembok bok

1

15

Ac

16

MCB 16 A

17

Kursi

35

18

Rak Sepatu

1

19

CCTV

1

20

Kabel Lan UTP

21

Etalase Kaca

22

Printer A3

Brother

1

23

Printer A4

Canon

1

Intel Dual core core

1

2 Snichder

Belden cat 5

Scanner 3D

26

Printer 3D

27

GPS

6

35 1

Tahap Pengadaan 24 Drone 25

1

1 Lelang

1 1 1

PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMUNIKASI DAN DIGITAL ARSITEKTUR J U R U S A N

A R S I T E K T U R

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Workshop Workshop merupakan program pelatihan software digital arsitektural bagi mahasiswa dan professional yang dapat menunjang proses desain maupun penyajian gambar arsitektural. Secara Garis Besar Workshopnya Ada 3 kategori : 1. Dosen Dan Asisten 2. Profesional 3. Student Program workshop yang akan diselenggarakan pada periode ini adalah sebagai berikut: 1. Revit Training for Student ( Juni ) Revit training for student ini ditujukan bagi mahasiswa peserta komputasi digital periode ini untuk mengenalkan sofware revit hingga pengajaran dasar-dasar pembutan objek arsitektural menggunakan Revit. 2. Revit Training for Tentor ( Agustus ) Revit training for tentor ini ditujukan bagi para dosen komputasi digital dan asisten LKDA untuk mempelajari dan mendalami Revit yang akan ditujukan untuk pengajaran lebih lanjut. Revit training for tentor ini akan diajarkan oleh professional dari lembaga yang mengajarkan software Revit. 3. V-Ray + Photoshop (September - Oktober ) Vray merupakan salah satu software terbaik dalam merepresentasikan gambar karya arsitektural dengan proses finishing modelling (rendering). Kelebihan dari V-ray dengan software lainnya adalah kualitas realitas gambar yang disajikan sangat baik hingga mendekati aslinya. Pada pelatihan V-ray ini akan diajarkan berbagai settingan dalam V-ray hingga menghasilkan kualitas gambar yang baik, baik dalam material, camera, suasana, linghting dan sebagainya. Kemudian Photoshop merupakan software eksekusi gambar dari hasil rendering dalam proses finishing gambar. Pada photoshop ini akan diajarkan bagaimana menambahkan objek-objek pelengkap seperti manusia, pohon, suasana, dan sebagainya. Serta diajarkan pula efek-efek dan settingan finishing pada gambar melalui photoshop dan diakhiri pengajaran layouting gambar menjadi poster representatif yang baik yang dapat

dilakukan pada photoshop maupun software tambahan yaitu Corel draw ataupun Adobe Illustrator. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.100.000,00 dengan fasilitas 2 kali pelatihan, snack, dan sertifikat. 4. Lumion Training for Professional ( November ) Lumion merupakan salah satu software andalan dalam merepresentasikan gambar karya arsitektural maupun finishing modelling (rendering). Kelebihan Lumion daripada program sejenis lainnya adalah kecepatan dan kemudahan dalam proses pengerjaan serta hasil yang memiliki kelebihan. Hanya dengan bekerja pada 1 3D modelling, akan dapat menghasilkan banyak gambar perspektif yang menarik dan cepat dalam pengerjaan. Lumion ini juga memiliki kelebihan pada presentasi animasi secara video pada objek arsitektural dengan proses pengerjaan yang mudah. Pada pelatihan ini akan dibuka untuk professional, dari mengenalkan hingga mendalami Lumion. Pelatihan ini akan diselenggarakan pada bulan November 2014. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,00 dengan fasilitas 2 kali pelatihan, snack, dan sertifikat. 5. Revit Training for Professional I (Desember ) Revit training for professional I ini melatih para peserta dari mengenalkan Revit hingga mendalami Revit. Seperti yang kita ketahui, Revit merupakan salah satu software dalam program BIM (Building Information Modelling) yang sangat membantu dalam menyelesaikan proses desain secara detail, rinci dan cepat. Training Revit ini dibuka untuk umum yang ingin mendalami revit, tidak hanya untuk mahasiswa arsitektur, dengan peserta sebanyak 10-20 orang. Pada pelatihan tahap 1 ini, para peserta diajarkan untuk mengenal revit hingga modelling dan render. Pelatihan ini akan dilakukan dalam 4 (empat) kali pertemuan yang akan diselenggarakan pada bulan Desember 2014. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000,00 dengan fasilitas modul, lunch & snack, dan sertifikat. 6. Revit Training for Professional II ( Desember ) Revit training for professional II merupakan kelanjutan dari training Revit sebelumnya yang akan diselenggarakan pada akhir Desember 2014. Pada training kedua ini akan dipelajari mengenai schedule, plot, dan family pada Revit. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.150.000,00 dengan fasilitas 3 kali pelatihan, modul, lunch & snack, dan sertifikat. 7. Autocad 2D - DED for Professional (Febuari ) Pelatihan ini ditujukan bagi professional yang ingin mendalami proses gambar DED melalui Autocad dengan pendalaman tool yang terdapat pada autocad. Para peserta yang

mengikuti pelatihan ini akan dikenakan biaya sebesar Rp.75.000,00 dengan fasilitas 3 kali pelatihan, modul, snack, dan sertifikat. 8. Autocad 2D for Student ( Maret ) Autocad training for student ini ditujukan bagi mahasiswa peserta komputasi digital periode ini untuk mengenalkan sofware Autocad hingga pengajaran dasar-dasar pembutan objek arsitektural menggunakan Autocad. 9. Sketchup for Student ( April ) Sketchup training for student ini ditujukan bagi mahasiswa peserta komputasi digital periode ini untuk mengenalkan sofware Sketchup hingga pengajaran dasar-dasar pembutan objek arsitektural menggunakan Sketchup. 10. Simulation for Student ( Mei ) Simulation training for student ini ditujukan bagi mahasiswa peserta komputasi digital periode ini untuk mengenalkan sofware Ecotect hingga pengajaran dasar-dasar pengukuran objek arsitektural menggunakan Ecotect.

Unit Usaha Laboratorium DED Proposal - Studio Drafting DED proposal ini menanggapi program kerja sebelumnya yaitu studio drafting. Studio drafting ini menerima pengerjaan gambar-gambar kerja maupun gambar representatif arsitektural yang dikerjakan oleh para asisten laboratorium yang telah terlatih, berkualitas dan terpercaya. Studio drafting ini dapat dipesan oleh para dosen untuk membantu pengerjaan proyeknya maupun para mahasiswa yang membutuhkan gambar-gambar detail dari gambar kerja maupun gambar arsitektural. Gambar-gambar yang dapat dikerjakan oleh LKDA : a. Gambar DED Gambar DED ini meliputi Denah, Potongan, Tampak, Rencana Arsitektural, Detail Arsitektural, Siteplan, Layout Plan, dll. Pada pembuatan gambar DED ini dikenakan biaya per m2/gambar dengan ketentuan sebagai berikut: -

Publik (>200 m2)

Rp. 5000,

-/m2/gambar

-

Residence (>200 m2)

Rp. 30.000,

-/m2/gambar

-

Kawasan

Rp. 2000,

-/m2/gambar

-

Interior

Rp. 40.000,

-/m2/gambar

-

Bangunan Khusus

Rp. 50.000 – 80.000 -/m2/gambar

b. Rendering Vray, Photoshop Rendering arsitektural akan dikenakan biaya sebagai berikut: -

Publik

1st sheet Rp. 250.000,00.2nd sheet sampai selanjutnya Rp. 50.000,00, /gambar

-

Residential

1st sheet Rp. 150.000,00.2nd sheet sampai selanjutnya Rp. 50.000,00, /gambar

-

Interior

1st sheet Rp. 250.000,00.2nd sheet sampai selanjutnya Rp. 50.000,00, /gambar

c. Animasi Modelling Arsitektural Lumion Animasi modelling akan dikenakan biaya sebagai berikut: -

Building

Rp. 4000 / detik

-

Detail

Rp. 5000 / detik

-

Masterplan

Rp. 6000 / detik

d. Printing Fasilitas printer A3 dan A4 ini untuk menunjang dari pengerjaan studio drafting serta dibuka usaha printing bagi mahasiswa yang membutuhkan printing di area GBA. Sistem usaha printing ini dengan menyisihkan beberapa persen dari hasil printing untuk biaya printer e. Pemetaan Digital ( On Progreess ) Pemetaan digital adalah pembuatan data digital dengan menggunakan drone dan scanner 3d untuk keperluan pemodelan awal atau data eksisting / analisis

Kontak dan Layanan Pengaduan Informasi kontak Laboratorium Komunikasi Dan Digital Arsitektur dapat menghubungi Kepala Laboratorium: Muhammad Satya Adhitama melalui alamat email: [email protected] / [email protected] demikian halnya pengaduan dapat disampaikan pada alamat email tersebut di atas atau di kotak pengaduan Jurusan Arsitektur FT UB.