POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TAHUN 2008

I. FORMAT PROPOSAL LAPORAN AKHIR Lampiran D J. FORMAT PROPOSAL LAPORAN AKHIR Lampiran E K. TEKNIK PENULISAN Laporan akhir harus memenuhi kriteria beri...

0 downloads 0 Views 158KB Size
Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

PEMBUATAN DAN PENILAIAN LAPORAN AKHIR (LA)

KATA PENGANTAR Pendidikan Politeknik memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian trapan. Untuk membentuk lulusan yang memiliki keahlian terapan, maka pada kurikulum semester VI program Diploma III Politeknik Negeri Sriwijaya terdapat mata kuliah Laporan Akhir ( LA). Karekteristik LA bagi mahasiswa adalah terarah pada ekplorasi permasalahan dan pemecahan masalahpraktis dilapangan /industri pada tingkat manajer menengah yang ditulis sebagai hasil penelitian terapan,pengamatan atau observasi lapangan, rancang bangun, desain dan penelaahan pustaka. Buku Pedoman ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan pembuatan dan penilaian LA mahasiswa dijurusan dan program studi dalam lingkungan Polsri. Jurusan dan Program Studi dapat mengembangkan beberapa hal dari pedoman ini untuk kespesfikkan masing-masing Jurusan dan Program Studi. Palembang, Juli 2008 a.n Direktur, Pembantu Direktur I dto H. Firdaus, S.T,.M.T NIP 131861783

POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TAHUN 2008 ii

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal

i

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

DAFTAR ISI Hal KATA PENGANTAR DAFTAR ISI A. B. C. D. E. F. G. H. I. J. K. L.

PENDAHULUAN PENGERTIAN LAPORAN AKHIR RUANG LINGKUP LAPORAN AKHIR KARAKTERISTIK LAPORAN AKHIR TUJUAN MENYUSUN LAPORAN AKHIR TAHAPAN UMUM PELAKSANAAN LAPORAN AKHIR PERSYARATAN PEMBIMBING LAPORAN AKHIR TUGAS PEMBIMBING LAPORAN AKHIR KERANGKA UMUM LAPORAN AKHIR TEKNIK PENULISAN JUMLAH LAPORAN AKHIR PENILAIAN LAPORAN AKHIR

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal iii

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

A. Pendahuluan Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003 dinyatakan bahwa jenis-jenis pendidikan adalah pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi keagamaan dan khusus. Pendidikan akademik, profesi dan vokasi diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Pendidkan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pasca sarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu tertentu. Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus, sedangkan pendidkan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memilki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana. Pendidikan Politeknik termasuk kedalam pendidikan vokasi ( DI, DII, DIII, dan DIV). Program Diploma I diarahkan kepada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, atau memecahan masalah yang sudah akrab sifat-sifat maupun konstektualnya dibawah bimbingan.

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

mengikuti perkembangan pengetahuan, dan teknologi di dalam bidang keahkiannya (Kepmen 232 tahun 2000) Pendidikan Politeknik /ogram Diploma sebagai jalur pendidikan vokasi dimasa depan diharapkan mampu untuk : 1. Memberikan tenaga terampil dan profesional yang kompatibel dengan perkembangan industri nasional maupun internasional. 2. Memberikan konstribusi untuk pengembangan dan operasional produksi, pengembangan pasar dan diversifikasi produk. 3. Mendukung industri kecil dan menengah melalui program plelatihan bimbingan dan konseling manajemen serta memberikan konsultasi bisnis. 4. “Link and Macht” terhadap kebutuhan industri seperti yang tercantum dalam kurikulumnya. 5. Menghasilkan alumni yang berjiwa usaha untuk membuka usaha melalui program-program antara lain : Inkubator Teknologi dan Pusat-Pusat konsultasi bisnis.

Program Diploma II diarahkan kepada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin, atau memecahan masalah yang sudah akrab sifat-sifat maupun konstektualnya secara mandiri, baik dalam bentuk pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya.

Seseuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003 dinyatakan bahwa Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang memilki keahlian terapan. Sesuai dengan kurikulum, pada masa akhir pendidikan mahasiswa diwajibkan membuat Laporan Akhir (LA).

Program Diploma III diarahkan kepada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja yang bersifat rutin maupun belum akrab sifat-sifat maupun konstektualnya secara mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan tas dasar keterampilan manajerial yang dimilikinya.

LA berupa mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan dalam membuat tulisan atau karya ilmiah hasil kajian berupa rancang bangun, desain dan penelaahan pustaka percobaan, pengamatan baik dilaboratorium atau lapagan (industri) sebagai wujud dari kemampuan perofesional menerapkan teori terapan hasil kuliah dalam menangani masalah praktis dilapangan/industri.

Program Diploma IV diarahkan kepada hasil lulusan yang menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan kompleks, dengan dasar kemampiuan profesional tertentu, termasuk keterampilan merencanakan, melaksanakan kegiatan, memecahkan masalah dengan tanggungjawab mandiri pada tingkat tertentu, memiliki keterampilan manajerial, serta mampu

Mengingat LA merupakan mata kuliah, maka implikasinya pada pengajar adalah dituntut untuk memilki kompetensi baik dalam wawasan tentang karya ilmiah, laporan akhir dan sekaligus mampu membimbing penyelesaian LA mahasiswa di Posri. Untuk keperluan tersebut sangat diperlukan pedoman dalam pembuatan dan penilaian LA. Pedoman ini dibuat sebagai

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 1

hal 2

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

panduan umum dan secara khusus dibuat oleh masing-masing program studi.

1. Mengumpulkan data dan Informasi untuk menganalisis secara praktis dan sistimatis suatu masalah. 2. Merumuskan permasalahan, melakukan analisa, sintesa, dan pemecahan masalah (problem solving) berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh dari perkuliahan serta menarik kesimpulan. 3. melaksanakan tugas lapangan sesuai dengan mutu dan standar yang berlaku. 4. Membuat laporan yang memenuhi aturan tata tulis karya ilmiah. 5. Memperentasikan karya ilmiah serta mempertahankan di forum akademik.

B. PENGERTIAN LAPORAN AKHIR 1. Laporan Akhir (LA) adalah kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa sebelum mengahiri masa studinya dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam bentuk karya tulis ilmiah. 2. Karya tulis disusun oleh mahasiswa sebagai bukti kemampuan akademis/profesional mahasiswa yang bersangkutan dalam mengaplikasikan teori yang didapat dibangku kuliah untuk menangani atau memecahkan permasalahan praktis di industri/lapangan sesuai dengan studinya. C. RUANG LINGKUP LAPORAN AKHIR 1. Ruang lingkup LA adalah : 2. Penelitian 3. Perencanaan 4. Rancang bangun 5. Studi kasus dilapangan/industri D. KAREKTERISTIK LAPORAN AKHIR LA mempunyai karekteristik sebagai berikut : - Terarah pada eksplorasi permasalahan sebagai hasil hasil penelitian terapan, pengamanan obsevasi lapangan, rancang bangun, desain dan penelaahan pustaka atau pemecahan masalah praktis di lapangan/industri pada tingkat manajer menengah. - Ditulis atas hasil-hasil penelitian terapan, pengamatan atau observasi lapangan, rancang bangun, desain dan penelaahan yang relevan. E. TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN AKHIR Secara umum setelah menyelesaikan penyusunan LA mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara komprehensif dan sistematis untuk meyelesaikan suatu permasalahan dilapangan secara ilmiah dan mandiri. Seacara khusus tujuan penyususnan LA, mahasiswa dapat :

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 3

F. TAHAP UMUM PELAKSANAAN LAPORAN AKHIR Tahapan umum pelaksaan LA adalah : 1. Penetapan Bimbing LA 2. Pengajuan waktu pembimbingan oleh mahasiswa (Lampiran A) 3. Pengajuan judul kepada pembimbing I dan II 4. Penyusunan proposal LA (lampiran D) 5. Persetujuan proposal oleh ketua jurusan/ketua program studi paling lambat minggu ke 4 semester 6 (enam) (lampiran B) 6. Pelaksanaan dan penyususnan LA 7. Ujian LA G. PERSYARATAN PEMBIMBING DAN PENGUJI LAPORAN AKHIR Persyaratan pembimbing dan penguji LA ditetapkan melalui keputusan Direktur. H. TUGAS PEMBIMBING LAPORAN AKHIR Pembimbing I bertugas untuk : 1. Memberikan arahan tentang LA, usul proposal LA,sistematika dan materi LA. 2. Menelaah dan memberikan rekomendasi tentang instrumen pengumpulan sata, analisis data serta format LA yang digunakan. 3. Melakukan bimbinganselama proses persiapan, pelaksanaan dan penulisan LA 4. memberikan rekomendasi untuk mengikuti ujian LA jika mahasiswa yang dibimbing siap untuk mengikuti ujian ( Lampiran C)

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 4

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Pembimbing II bertugas untuk : 1. Membantu tugas pembimbing I dalam membimbing LA. 2. Memberikan pertimbangan arahan dan saran mengenai tata tulis LA 3. Melakukan bimbingan selama proses persiapan, pelaksanaan dan penulisan LA. 4. Memberikan rekomendasi untuk mengikuti LA, jika mahasiswa yang dibimbing siap untuk mengikuti ujian (Lampiran C) I.

FORMAT PROPOSAL LAPORAN AKHIR Lampiran D

J.

FORMAT PROPOSAL LAPORAN AKHIR Lampiran E

K. TEKNIK PENULISAN Laporan akhir harus memenuhi kriteria berikut ini : 1. Deketik dengan huruf Time New Roman 12 dalam kertas A4 putih minimal 70 gram. 2. Margin atas 4 cm, kiri 4 cm, kanan 3 cm dan bawah 3 cm. 3. Jarak baris 1.5 spasi 4. Ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar minimal 40 halaman 5. Penomoran halaman dan judul sesuai dengan aturan bahasa Indonesia Ejaan Yang disempurnakan (EYD) 6. Menggunakan hard cover (lampiran H), dengan warna sesuai dengan jurusan/program studi masing-masing : - Teknik Sipil : Coklat - Teknik Mesin : Biru Tua - Teknik Elektro : Biru Donker - Teknik Kimia : Merah Hati - Akuntansi : Kuning Terang - Administrasi Niaga : Kuning Gading - Teknik Komputer : Ungu - Manajemen Informatika : Merah Jambu - Bahasa Inggris : Hijau Pupus

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 5

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

L. JUMLAH LAPORAN 1. Untuk diajukan pada ujian LA jumlahnya : - Penguji 3 – 5 eksamplar - Mahasiswa yang bersangkutan 1 eksamplar 2. Untuk diajukan pada ujian LA jumlahnya : - Pembimbing 2 eksamplar - Jurusan 1 eksamplar - Perpustakaan pusat 1 Soft copy dalam bentuk CD - Mahasiswa yang bersangkutan 1 eksamplar M. PENILAIAN LAPORAN AKHIR Penilaian LA terdiri atas : 1. Penilaian oleh Pembimbing. Penilaian dilakukan dengan menggunakan format penilaian bimbingan LA (lampiran F) 2. Penilaian oleh Tim Penguji. Penilaian dilakukan dengan menggunakan format penilaian ujian LA (lampiran G)

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 6

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN A

DAFTAR PUSTAKA

SURAT KESEPAKATAN BIMBINGAN LAPORAN AKHIR

Tim Penyusun, 2003, “Pedoman Penyusunan Kurikulum”, Keputusan Menteri Penndidikan Nasional No.232 tahun 2000, Jakarta. Tim

Penyusun, 2003, “Materi Pelatihan Metodologi Pengajaran Program Diploma “, Departemen Pendidikan Nasional, P4D, Bandung

Tim

Penyusun, 1999, “Penataan Pendidikan Profesional Dalam rangka Reposisi dan Orienstasi Penyelenggaraan Pendidikan Politeknik P5D, Bandung

Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003, Jakarta.

Kami yang bertanda tangan dibawah ini : Pihak Pertama Nama : ............................................................... NIM : ............................................................... Jurusan/Program Studi : ............................................................... Pihak Kedua Nama NIP Jurusan/Program Studi

: ............................................................... : ............................................................... : ...............................................................

Pada hari ini .............. tanggal ................telah sepakat untuk melakukan konsultasi bimbingan Laporan Akhir. Isi kesepakatan : 1. 2.

Konsultasi bimbingan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam 1 (satu) minggu. Pelaksanaan bimbingan pada setiap hari ........................pukul ................tempat di Polsri.

Demikianlah kesepakatan ini dibuat dengan penuh kesadaran guna kelancaran penyelesaian Laporan Akhir, Pihak Pertama,

Palembang,............. Pihak Kedua,

(

(

)

)

Mengetahui Ketua Jurusan / Program Studi (

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 7

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

)

hal 8

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN B

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN C

LEMBAR PERSETUJUAN PROPOSAL LAPORAN AKHIR

LEMBAR REKOMENDASI UJIAN

JUDUL PROPOSAL Pembimbing Laporan Akhir memberikan rekomendasi kepada : Nama

: ...............................................................

NIM

: ...............................................................

Jurusan/Program Studi : ............................................................... Judul Laporan Akhir

: ...............................................................

OLEH Mahasiswa tersebut telah memenuhi persyaratan dan dapat mengikuti Ujian

NAMA MAHAISWA NIM

laporan Akhir pada tahun akademik ....................

Palembang,............. Pembimbing II,

Pembimbing I,

Palembang,............. (

)

(

Ketua Jurusan.................

Pembimbing I,

)

Mengetahui, Program Studi ..................*)

(

Pembimbing II,

)

NIP (

)

(

(

)

NIP

)

Catatan : *) Untuk Jurusan yang mempunyai Jetua Program Studi

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 9

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 10

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Lampiran D

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

Lampiran E FORMAT PROPOSAL LA



Halaman Judul



Halaman Pengesahan

FORMAT LAPORAN AKHIR

A. Pendahuluan B. Tinjauan Pustaka C. Keadan umum / Metode /Perencanaan/ Rancang Bangun •

Daftar Pustaka



Lampiran

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 11



Halaman Judul



Halaman Pengesahan



Abstrak



Kata Pengantar



Daftar isi



Daftar Tabel



Daftar Gambar



Daftar Lampiran



BAB

I Pendahuluan



BAB

II Tinjauan Pustaka



BAB



III Keadaan umum/metode Penelitian/ Perencanaan/Rancang bangun Daftar Pustaka



Lampiran

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 12

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN F

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN G LEMBAR PENILAIAN BIMBINGAN LAPORAN AKHIR

LEMBAR PENILAIAN UJIAN LAPORAN AKHIR

Pembimbing Laporan Akhir memberikan rekomendasi kepada : Nama NIM Jurusan/Program Studi Jenis Laporan Akhir

Judul No A

B

A

Nama NIM Jurusan/Program Studi Judul

: ...................................................................... : ..................................................................... : ...................................................................... : 1. Penelitian 2. Perencanaan 3. Rancang bangun 4. Studi Kasus dilapangan/industri : ....................................................................... ....................................................................... BOBOT %

ASPEK YANG DINILAI Perencanaan/proposal 1. Pengusaan Materi 2. Usaha pengembangan teori/konsep (jangkauan literature)

15 15

Sub Total

30

Pelaksanaan Laporan Akhir 1. Motivasi (Fokus minat) 2. Disiplin kerja 3. Kreativitas / daya kritis.

10 15 15

Sub Total

40

Laporan 1. Tata tulis 2. substansi

10 20

Sub Total

30 TOTAL NILAI

BOBOT %

A

Presentasi 1. Komunikasi 2. Penampilan, sikap dan prilaku 3. Ketepatan Waktu

B

Penguasaan materi Laporan Akhir

50

A

Penguasaan Mata Kuliah Keahlian

20

NILAI

NILAI

10 10 10

100

Palembang, ............. Ketua Penguji / Anggota

(

)

Keterangan Nilai laporan akhir terdiri :

100

(

ASPEK YANG DINILAI

TOTAL NILAI

Palembang, ............. Pembimbing I / II

*)Lingkari yang sesuai Keterangan Nilai laporan akhir terdiri :

No

: ................................................................ : ................................................................ : ................................................................ : ................................................................ .................................................................

50 % nilai bimbingan 50 % nilai ujian

)

50 % nilai bimbingan 50 % nilai ujian

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 13

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 14

Pedoman Pembuatan dan Penilaian Laporan Akhir

LAMPIRAN H

HALAMAN JUDUL LAPORAN AKHIR JUDUL LAPORAN AKHIR

Laporan Akhir ini disusun sebagai salah satu syarat Menyelesaikan pendidikan Diploma III/IV Pada Jurusan ..............Program Studi .............. OLEH NAMA MAHASISWA NIM

POLIEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG 20...

Politeknik Negeri Sriwijaya 2008

hal 15