Struktur Organisasi yang Berjalan

48 E. PP/PP.acc : Permohonan untuk pembelian Peralatan diluar rutinitas kantor F. Kw.KK : Kwitansi Kas Keluar G. Slip Gaji/Slip Gaji.acc : Bukti pemba...

0 downloads 23 Views 379KB Size
BAB III ANALISIS SISTEM YANG BERJALAN

3.1

Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Travalink berdiri pada tanggal 09 Juni 2004, yang bertempat di Kota Bandung yang berdomisili atau beralamat di Jl. Moh. Iskat No.20. Sejak itu PT. Travalink ini ditangani oleh para penanggungjawab antara lain Khoirul Fajri, Jimmy Tanumiharja, Sondang Maria Magdalena Simbolon, dan Lina Erlina Rahayu.

3.2 A.

Tujuan Perusahaan (Visi dan Misi Perusahaan) Visi PT. Travalink Indonesia Tour & Travel PT. Travalink Indonesia Tours & Travel ini memiliki sebuah visi yaitu dapat memberikan Jasa Pelayanan yang terbaik secara konsisten kepada semua Pelanggan sehingga dapat menjadi Partner Pelanggan.

B.

Misi PT. Travalink Indonesia Tour & Travel PT. Travalink Indonesia Tours & Travel ini memiliki sebuah misi yaitu menjadi Perusahaan Tour & Travel yang terbesar di Indonesia.

3.3

Struktur Organisasi Perusahaan

PT. Travalink Indonsia Tours & Travel ini memiliki sebuah struktur organisasi sebagai berikut: DIREKTUR UTAMA

OPERATION MANAGER

ACCOUNTING

CASHIER TRAVEL MANAGER

TOUR MANAGER

HOTEL & TIKET

S.M. MANAGER

DOMESTIC & INTL

MARKETING

Gambar 3.1 Struktur Organisasi yang Berjalan = Bagian yang diteliti beserta fungsi yang berkaitan 43

3.4

Deskripsi Jabatan (Job Description)

Adapun uraian untuk jabatan-jabatan yang ada dalam struktur organisasi di dalam perusahaan tersebut, yaitu:

A. Direktur Utama 1.

Penanggungjawab dari perusahaan tersebut.

2.

Pemimpin dari perusahaan tersebut.

3.

Pemberi modal/pengisian kas kecil pada perusahaan tersebut yang dilakukan pada setiap bulannya.

B. Accounting 1.

Memiliki tanggung jawab langsung kepada direktur utama.

2.

Memiliki tugas untuk membuat laporan keuangan pada setiap bulannya.

3.

Melakukan

pencatatan

terhadap

keluar

masuknya

keuangan

perusahaan. 4.

Melakukan pengaturan terhadap masalah keuangan yang terjadi di perusahaan tersebut.

C. Operation Manager 1.

Bertugas untuk memberikan pengarahan dan penetapan kebijakan umum yang erat kaitannya dengan kegiatan perusahaan tersebut.

2.

Bertugas menetapkan dan mengkoordinir antara kegiatan perusahaan dengan kegiatan bagian agar saran yang telah ditetapkan dapat tercapai dan terlaksana dengan baik.

3.

Bertugas untuk mengangkat, mengawasi serta menilai setiap bagian dalam menjalankan tugasnya.

4.

Bertugas menetapkan, merubah atau mencabut seluruh kebijakan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan tersebut.

5.

Bertugas untuk melakukan pembayaran pada setiap kegiatan rutin maupun non-rutin perusahaan tersebut.

44

D. Cashier 1.

Memiliki tanggung jawab langsung kepada bagian accounting.

2.

Memiliki tugas untuk membuat kwitansi setiap terjadi transaksi.

3.

Memiliki tugas untuk menerima dan mengeluarkan uang perusahaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

E. Travel Manager 1.

Bertugas untuk membuat/mengatur jadwal kegiatan yang akan diadakan/dilaksanakan oleh perusahaan agar tidak ada jadwal yang kegiatannya dilaksanakan pada waktu yang sama.

F. Tour Manager 1.

Memiliki tugas untuk menyiapkan anak buahnya sebagai pembimbing tour pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

G. S.M Manager 1.

Memiliki tanggung jawab terhadap kelancaran dari mekanisme departemen marketing.

2.

Memiliki

kewajiban

untuk

melaporkan

setiap

perkembangan

marketing baik secara internal maupun eksternal kepada bagian general manager pada setiap minggunya. 3.

Memiliki kewajiban untuk menciptakan dan mempertahankan kerja sama tim secara professional.

4.

Memiliki tanggung jawab langsung kepada Operasional Manager.

H. Hotel & Ticket 1.

Memiliki tugas untuk mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan dalam setiap kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan membeli/menjual tiket serta menyewa tempat peristirahatan untuk kegiatan tersebut.

45

I.

Domestic & Intl 1.

Bertugas untuk mengorganisir setiap client yang mau berwisata baik dari dalam negeri maupun luar negeri

J.

Marketing 1.

3.5

Bertugas untuk membuat promosi kepada seluruh masyarakat

Kebijakan Perusahaan dan Pengendalian Intern Tentang Sistem Berjalan

Pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel ini memiliki beberapa kebijakan yang berkaitan dengan Laporan Keuangan Neraca antara lain adalah sebagai berikut: A. Aktiva yang didapatkan oleh perusahaan berasal dari kas, piutang, sewa gedung dibayar dimuka, peralatan. B. Kewajiban pada perusahaan tidak ada dikarenakan kebijakan perusahaan tersebut selalu menggunakan secara tunai dalam segala pembelian dan juga tidak pernah melakukan peminjaman kepada bank. C. Penerimaan kas perusahaan diperoleh dari modal, pembayaran piutang dan pendapatan jasa. D. Pengeluaran kas perusahaan digunakan untuk pembayaran sewa gedung dibayar dimuka, pembelian peralatan, pembayaran gaji karyawan, dan juga pembayaran listrik dan air pada tiap bulannya. E. Modal pada perusahaan didapatkan dari Direktur Utama selaku pemilik perusahan tersebut. F.

Pengisian kas/modal dilakukan oleh Direktur Utama pada setiap awal bulan.

G. Modal yang telah diberikan kepada perusahaan, tidak dapat diambil kembali oleh pemilik sebab perusahaan telah mengalokasikan/merencanakan segala sesuatunya untuk bulan tersebut, tetapi apabila biaya-biaya lain yang belum dialokasikan/direncanakan, maka perusahaan tersebut dapat mengajukan permintaan pengisian kas/dana kepada pemilik.

46

H. Piutang yang diperoleh perusahaan diperoleh dari adanya transaksi yang pembayarannya dilakukan secara angsuran atau DP. I.

Pendapatan yang perusahaan peroleh merupakan dari client yang sudah menerima jasa tour atau travel pada perusahaan kami.

J.

Laporan saldo ini dibuatkan berdasarkan transaksi yang terjadi selama 1 bulan dan dibuatkan pada akhir bulan tersebut.

K. Setelah laporan tersebut dibuat, maka bagian kasir membuat laporan setor dan menyetorkan uangnya kepada Direktur Utama sehingga kas pada perusahaan pada setiap akhir bulan bernilai nol (0). L. Uang yang disetorkan kepada Direktur Utama, semuanya menjadi hak milik Direktur Utama. M. Tidak adanya Utang pada perusahaan ini. N. Untuk mengajukan pembelian barang-barang/kendaraan yang rusak bagian travel manager melapor terlebih dahulu ke bagian Operational Manager. O. Beban yang perusahaan peroleh merupakan dari pihak luar.

3.6

Fungsi Yang Terkait

A. Direktur Utama B. Kasir C. Akuntansi D. Manajer Operasional E. Marketing F. Karyawan

3.7

Formulir/Dokumen Yang Digunakan

A. Kw.KM/M

: Kwitansi Kas Masuk/Modal

B. Kw.DP/Pelunasan

: Kwitansi Pembayaran Jasa Tour/Travel

C. SPPKKG

: Surat Permohonan Pembayaran Kantor Gedung

D. SPPKKBis

: Surat Permohonan Pembayaran Kantor Bis (Sewa)

47

E. PP/PP.acc

: Permohonan untuk pembelian Peralatan diluar rutinitas kantor

F.

Kw.KK

G. Slip Gaji/Slip Gaji.acc

: Kwitansi Kas Keluar : Bukti pembayaran gaji/upah karyawan selama satu bulan

H. Lap.Saldo/Lap.saldo.acc : Laporan mengenai saldo perusahaan bulanan I. Lap.Setor

: Laporan mengenai kas perusahaan bulanan

J. LP

: Laporan Penjualan

3.8

Catatan Yang Digunakan

A. BAK

: Buku Arus Kas

B. Buku Saldo

: Buku tentang saldo perusahaan

3.9

Sistem Yang Berjalan

3.9.1

Diagram Konteks Yang Berjalan

Pada diagram konteks untuk sistem yang berjalan pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel terdiri dari 9 entitas, dimana entitas tersebut terdiri dari Direktur Utama, Marketing, Travel Manager, Operasional Manager, Client, Kasir, Karyawan, Akuntansi, dan Pihak Luar. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:

48

Gambar 3.2 Diagram Konteks

Penjelasan dari gambar diatas dimulai dari entitas Direktur Utama memberikan sejumlah modal kepada kasir perusahaan yang akan digunakan untuk keperluan kantor pada setiap bulannya dan menerima tanda bukti Kw.KM/M 1. Direktur Utama memberikan dokumen PP.acc 1,2,3 kepada bagian kasir. Kasir menerima modal dari Direktur Utama dan membuat Kw.KM/M 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada Direktur Utama, Akuntansi dan diarsipkan pada bagian kasir itu sendiri. Menerima uang sebagai transaksi travel/tour sebagai DP/Pelunasan yang kemudian dibuatkan tanda buktinya berupa Kw.DP/Pelunasan 1,2,3. Menerima dok.LP dari bagian marketing. Menerima dokumen PP.acc1,2,3 dari Direktur Utama yang kemudian dibuatkan Kw.KK 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada bagian manager operasional, akuntansi dan diarsipkan. Menerima SPPKKG 1,2,3 dan SPPKKBis 1,2,3 dari bagian Operasional Manager dan membuatkan Kw.KK 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada bagian Operasional Manager, Akuntansi, dan diarsipkan. Menerima Slip gaji 1,2 dari bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada karyawan. Menerima RLTBL dari bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada Operasional Manager. Menerima Laporan Saldo dari

49

bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada Direktur Utama, dan semua kegiatan tersebut dicatat dalam BAK. Pada entitas/Bagian Akuntansi menerima Kw.KM/M 2, Kw.DP/Pelunasan 2, PP, SPPKKG & SPPKKBis, Kw.KK 2 dari bagian kasir, Slip Gaji.acc2 dari karyawan, dok.LP dari bag.Marketing, RLTBL & RL & Tlp yang kemudian semuanya dicatat ke dalam Buku Saldo, Kw.P, Kw.SewaG, Kw.SewaBis. Menyerahkan RLTBL, Slip Gaji 1,2 dan Laporan Saldo 1,2 kepada bagian Kasir. Pada entitas/Bagian Opersional Manager menerima PP.acc 1, Kw.KK 1, Uang, SPPKKG 1, SPPKKBis 1, RLTBL dari bagian kasir, RL & Tlp, Kw.P, Kw.SewaG, Kw.SewaBis dari pihak luar.

3.9.2

Data Flow Diagram Yang Berjalan

Data Flow Diagram berfungsi untuk menggambarkan sistem yang ada pada diagram konteks menjadi beberapa proses utama yang terjadi antara entitas yang terkait dalam Sistem Informasi Laporan Saldo.

3.9.2.1 Data Flow Diagram Level 0 Pada Data Flow Diagram level 0 ini menjelaskan mengenai setiap kegiatan yang terjadi pada Sistem Informasi Laporan Saldo pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel dimana kegiatan tersebut terdiri dari 4 kegiatan yaitu Kas, Sewa, Peralatan, Membuat Laporan.

50

Gambar 3.3 Data Flow Diagram Level 0

Penjelasan dari gambar diatas merupakan terdiri dari Proded mengenai kas yang dimulai dari entitas/Bagian Direktur Utama menyerahkan uang sebagai modal kepada bagian kasir kemudian kasir membuat tanda bukti yaitu Kw.KM/M 1,2,3 yang masing-masing diserahkan kepada Direktur Utama, Akuntansi dan diarsipkan. Kasir menerima uang dari marketing sebagai kegiatan transaksi dari travel/tour baik sebagai DP/Pelunasan yang kemudian dibuatkan tanda buktinya yaitu Kw.DP/Kw.Pelunasan 1,2,3 yang masing-masing diserahkan kepada marketing untuk diserahkan kembali kepada client, akuntansi dan diarsipkan. Menerima LP 1,2 dari marketing yang kemudian di arsipkan di bagian kasir & akuntansi. Menerima RLTBL dari bagian Akuntansi yang kemudian dibuatkan

51

Kw.KK 1,2 sebagai tanda bukti kas keluar dan menyerahkan uangnya kepada operasional manager (RLTBL, Kw.KK1) dan diarsipkan. Menerima Slip Gaji 1,2 dari bagian Akuntansi yang kemudian menyiapkan uang untuk diserahkan kepada karyawan (Slip Gaji 1,2 & Uang), yang kemudian Slip Gaji.acc 2 diserahkan kembali kepada bagian Akuntansi dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi. Pada Proses 2 menjelaskan mengenai pemayaran sewa yang dimulai dari entitas/Bagian Manager Operasional membuat SPPKKG 1,2,3 dan SPPKKBis 1,2,3 (berdasarkan informasi dari Travel Manager) yang kemudian diserahkan kepada bagian kasir untuk dibuatkan Kw.KK 1,2,3 serta menyiapkan uangnya yang kemudian masing-masing diserahkan kepada operasional manager (SPPKKG 1, SPPKKBis 1, Kw.KK 1 & Uang) yang kemudian diserahkan kepada pihak luar yang kemudian akan mendapatkan tanda bukti berupa Kw.SewaG dan Kw.SewaBis yang selanjutnya diserahkan kepada bagian Akuntansi, SPPKKG 2, SPPKKBis 2, Kw.KK 2 dan SPPKKG 3, SPPKKBis 3, Kw.KK 3 diarsipkan dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi. Pada Proses 3 menjelaskan mengenai Peralatan yang dimulai dari entitas/Bagian Direktur Utama memberikan dokumen PP.acc 1,2,3 kepada bagian kasir untuk disiapkan uang serta dibuatkan tanda bukti berupa Kw.KK 1,2,3 yang kemudian masing-masing diserahkan kepada Operasional Manager (PP.acc 1, Kw.KK 1, Uang) untuk kemudian diserahkan kepada pihak luar yang kemudian akan memberikan tanda bukti berupa Kw.P yang akan diserahkan kepada bagian Akuntansi, PP.acc 2 dan Kw.KK 2 diserahkan kepada bagian akuntansi dan PP.acc 3 dan Kw.KK 3 diarsipkan dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi.

52

Pada Proses ke 4 menjelaskan mengenai pembuatan laporan dan ini merupakan proses terakhir yang dimulai dari entitas/Bagian Akuntansi yang mempunyai kegiatan semua dokumen yang diterima oleh bagian akuntansi akan dicatat di buku saldo yang kemudian dibuatkan sebuah laporan saldo 1,2 yang akan diserahkan kepada bagian kasir untuk dibuatkan laporan setor 1,2 dan menyiapkan uang yang kemudian akan diserahkan kepada Direktur Utama. Laporan Saldo 2 diarsipkan pada bagian Akuntansi dan Laporan Setor 2 Diarsipkan pada bagian Kasir.

3.9.2.2 DFD Level 1 Proses 1.0 Pada Data Flow Diagram level 1 Proses 1.0 ini menjelaskan mengenai kegiatan kas yang terdiri dari Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel.

Uang, Kw.DP1, Kw.Pelunasan1, LP 1,2,3

2, 3 1,

an

Uang, Kw.DP1, Kw.Pelunasan1

as un el

2 1, cc i .a G aj

Uang, RLTBL

Uang, RLTBL

Uang, RLTBL, Slip Gaji 1,2

ip

PIHAK LUAR

,3

.P

KASIR Uang

2 1,

Kw

Uang, LP2

/M

Kw.Pelunasan 1,2,3

RL & Tlp

M .K

,2,3

RLTBL

KARYAWAN Uang,Slip Gaji 1,2

Kw

DP 1

Uang, RLTBL, Slip Gaji 1,2

K BA

1.1 PENERIMAAN KAS

Kw.KM/M1 Kw.

Kw.DP1, Kw.Pelunasan1

Uang

3 2, 1,

Uang DIREKTUR UTAMA

Kw. DP 1,2,3

BAK

Uang,Slip Gaji 1,2

lp &T

LP

Kw.KM/M2, Kw.DP2, Kw.Pelunasan2, LP1

1.2 PENGELUARAN KAS

RL

LP 1,2,3

BAK

RLTBL

BAK

CLIENT

Slip Gaji.acc 1,2

Sl

RLTBL, Slip Gaji 1,2

Uang, RLTBL, RL & Tlp

RLTBL, Slip Gaji.acc 2, RL & Tlp AKUNTANSI

Uang, RLTBL, RL & Tlp

OPERASIONAL MANAGER

Kw.KM/M 1,2,3

MARKETING

Gambar 3.4 Data Flow Diagram Level 1 Proses 1.0

53

Penjelasan dari gambar diatas berawal dari Proses 1.1 mengenai Penerimaan Kas yang dimulai dari entitas/Bagian Direktur Utama menyerahkan uang sebagai modal kepada bagian kasir kemudian kasir membuat tanda bukti yaitu Kw.KM/M 1,2,3 yang masing-masing diserahkan kepada Direktur Utama, Akuntansi dan diarsipkan. Menerima LP1,2,3 dari marketing yang kemudian diserahkan kepada bag.kasir dan akuntansi. Kasir menerima uang dari marketing sebagai kegiatan transaksi dari travel/tour baik sebagai DP/Pelunasan yang kemudian dibuatkan tanda buktinya yaitu Kw.DP/Kw.Pelunasan 1,2,3 yang masing-masing diserahkan kepada marketing untuk diserahkan kembali kepada client, akuntansi dan diarsipkan dan semua kegiatan tersebut dicatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi. Pada Proses 1.2 menjelaskan mengenai Pengeluaran Kas yang dimulai dari entitas/Bagian Kasir menerima RLTBL dari bagian Akuntansi yang kemudian dibuatkan Kw.KK 1,2 sebagai tanda bukti kas keluar dan menyerahkan uangnya kepada operasional manager (RLTBL, Kw.KK1) dan diarsipkan. Menerima Slip Gaji 1,2 dari bagian Akuntansi yang kemudian menyiapkan uang untuk diserahkan kepada karyawan (Slip Gaji 1,2 & Uang), yang kemudian Slip Gaji.acc 2 diserahkan kembali kepada bagian Akuntansi dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi.

3.9.2.3 DFD Level 1 Proses 2.0 Pada Data Flow Diagram level 1 Proses 2.0 ini menjelaskan mengenai kegiatan sewa yang terdiri dari Sewa Bis dan juga Sewa Gedung pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel.

54

Uang

Uang PIHAK LUAR

Uang

Uang

Kw.KK 1,2,3

SPPKKG1, Kw.KK1, Uang, Kw.SewaG

Uang, Kw.SewaG

aB is

BAK

K

OPERASIONAL MANAGER Informasi, Uang, Kw.SewaBis ew

BA

Informasi, SPPKKBis1, Kw.KK1, Uang, Kw.SewaBis

.S Kw

SPPKKBis2, Kw.KK2, Kw.SewaBis

,3

2.2 Pembayaran SEWA BIS

Informasi

TRAVEL MANAGER

1 ,2

. KK

is

Kw

KB

SPPKKBis1,2,3,

PK

SPPKKBis1,2,3,

SP

1 ,2 ,3

SPPKKBis 1,2,3

Kw.SewaBis

SPPKKG1,2,3, KASIR SPPKKG1,2,3, 2.1 Pembayaran SEWA GEDUNG

SPPKKG2, Kw.KK2, Kw.SewaG AKUNTANSI 1

,3

. KK

BA

1,2

Kw

3 ,2 ,

PK

w aG

SP

BAK

e .S

SPPKKG 1,2,3

K

Kw

KG

Kw.KK 1,2,3

Kw.SewaG

Gambar 3.5 Data Flow Diagram Level 1 Proses 2.0

Penjelasan dari gambar diatas yaitu Proses 2.1 yang menjelaskan mengenai Sewa Gedung dan dimulai dari entitas/Bagian Manager Operasional membuat SPPKKG 1,2,3 yang kemudian diserahkan kepada bagian kasir untuk dibuatkan Kw.KK 1,2,3 serta menyiapkan uangnya yang kemudian masing-masing diserahkan kepada operasional manager (SPPKKG 1, Kw.KK 1 & Uang) yang kemudian diserahkan kepada pihak luar yang kemudian akan mendapatkan tanda bukti berupa Kw.SewaG yang selanjutnya diserahkan kepada bagian Akuntansi, SPPKKG 2, Kw.KK 2 dan SPPKKG 3, Kw.KK 3 diarsipkan dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi. Pada Proses 2.2 menjelaskan mengenai Sewa Bis yang dimulai dari entitas/Bagian Manager Operasional membuat SPPKKBis 1,2,3 (berdasarkan informasi dari Travel Manager) yang kemudian diserahkan kepada bagian kasir untuk dibuatkan Kw.KK 1,2,3 serta menyiapkan uangnya yang kemudian masingmasing diserahkan kepada operasional manager (SPPKKBis 1, Kw.KK 1 & Uang) yang kemudian diserahkan kepada pihak luar yang kemudian akan mendapatkan tanda bukti berupa Kw.SewaBis yang selanjutnya diserahkan kepada bagian 55

Akuntansi, SPPKKBis 2, Kw.KK 2 dan SPPKKBis 3, Kw.KK 3 diarsipkan dan semua kegiatan tersebut diacatat dalam Buku Arus Keuangan (BAK) pada bagian kasir dan Buku Saldo pada bagian akuntansi.

3.9.2.4 DFD Level 1 Proses 3.0 Pada Data Flow Diagram level 1 Proses 3.0 ini menjelaskan mengenai Pembelian Peralatan untuk keperluan setiap kegiatan yang terjadi pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel. 3.4 Menyerahkan Tanda Bukti Transaksi

Uang

3.5 Menyerahkan Kw.P

AKUNTANSI

PP.acc2, Kw.KK2

Kw.P

BAK

3.2 Membuat, menyerahkan & PP.acc1, Kw.KK1, mencatat di BAK Kw.KK, PP.acc Uang 1,2 & uang

Kw.P

Uang

PP.acc 1,2,3 PP.acc 1,2,3

Kw . KK

1 ,2

,3

Kw.KK 1,2,3

PP.acc 1,2,3

OPERASIONAL MANAGER

K

Kw.P

BA

PIHAK LUAR

3.3 Melakukan pembayaran peralatan Uang

Kw.P

Kw.P

DIREKTUR UTAMA

PP 1,2,3

3.1 Menyerahkan PP.acc 1,2,3

PP.acc 1,2,3 KASIR

Gambar 3.6 Data Flow Diagram Level 1 Proses 3.0

Penjelasan dari gambar diatas

yaitu entitas/Bagian

Direktur Utama

menyerahkan PP.acc 1,2,3 kepada bagian kasir, dan pada Bagian Kasir menerima PP.acc 1,2,3 yang kemudian dibuatkan Kw.KK 1,2,3 menyiapkan Uang dan mencatat di BAK kemudian masing-masing diserahkan kepada operasional manager yang kemudian diserahkan kepada pihak luar yang akan mendapatkan tanda bukti yaitu Kw.P yang akan diserahkan kepada bagian akuntansi (PP.acc1, Kw.KK 1, Uang), PP.acc2 dan Kw.KK 2 diserahkan kepada bagian akuntansi dan PP.acc 3 dan Kw.KK 3 diarsipkan.

56

3.9.2.5 DFD Level 1 Proses 4.0 Pada Data Flow Diagram level 1 Proses 4.0 ini menjelaskan mengenai Pembuatan Laporan pada setiap bulannya yang kemudian diserahkan kepada Direktur Utama. Kw.KM/M 2 Lap.Saldo 2

P2 .D

an

2

Kw.Pelunasan 2

lu . Pe cc 2 Kw Gaji.a Slip

Slip Gaji.acc 2

4.1 Membuat, Lap.Saldo 1 mencatat di buku saldo & menyerahkan RL & lap.saldo Tlp RL & Tlp SP 2

K2 Kw.K

PP .a

cc

Kw.KK 2 PP.acc 2

PK

KG

2

SPPKKG 2

SPPKKBis 2

4.2 4.3 Lap.Saldo.acc.1, Membuat Menyerahkan Lap.Setor 1,2 Lap.Setor, Lap.Saldo.acc1, Lap.saldo.acc1 Lap.Setor1,& &, mencatat di uang BAK

o. ac ld p. Sa La

etor

BAK

Lap.S

c1

DIREKTUR UTAMA

Lap.Saldo.acc.1, Lap.Setor 1, uang

KASIR

Lap.Saldo 1

Kw.KM/M2, Kw.DP2, Kw.Pelunasan2, Slip Gaji.acc2, RL & Tlp, SPPKKG2, SPPKKBis2, PP.acc2, Kw.KK2, LP1

Kw

ldo

s na

SPPKKBis 2

Sa

o2

ku

ald

AKUNTANSI

p .S

Bu

Kw. DP 2

Kw.KM/M 2

La

Buku Saldo

1

Lap.Saldo.acc1

Lap.Setor 1

Lap.Setor 2

BAK

Gambar 3.7 Data Flow Diagram Level 1 Proses 4.0

Penjelasan

dari

gamabr

diatas

yaitu

Bagian

Akuntansi

menerima

dokumen/Kwitansi, Kw.KM/M 2, Kw.DP 2, Kw.Pelunasan 2, Slip Gaji.acc 2, Rl & Tlp, SPPKKG 2, SPPKKBis 2, Kw.KK 2 dan LP2 yang selanjutnya diproses menjadi Laporan Saldo 1,2 yang kemudian diserahkan kepada bagian kasir (Lap.Saldo 1) dan Lap.Saldo 2 diarsipkan. Bagian Kasir menerima dokumen Lap.Saldo 1 dari bagian Akuntansi untuk dibuatkan Lap.Setor 1,2 dan menyiapkan uang yang akan diserahkan kepada Direktur Utama (Lap.Setor 1 dan Uang) dan Lap.Setor 2 diarsipkan. Direktur Utama menerima Lap.Saldo.acc 1, Lap.Setor 1, Uang dari bagian kasir.

57

3.9.2.6 Level 2 Proses 1.1 Pada Data Flow Diagram level 2 Proses 1.1 ini menjelaskan mengenai sumber

Kw.DP1, Kw.Pelunasan1

Penerimaan Kas pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel. CLIENT

Uang

Kw. DP 1 Kw. elu Kw.P

1.1.6 Menyerahkan Kw.DP1/ Kw.Pelunasan1

DP 1

n a sa

n1

1.1.3 Melakukan Pembayaran DP/ Pelunasan

Kw.Pelunasan 1 Uang

1.1.7 Menyerahkan LP

Kw.DP1, Kw.Pelunasan1

MARKETING

LP 1,2

Uang LP2 Uang

DIREKTUR UTAMA

Kw.KM/M1

/M

1 ,2

Kw.KM/M 1,2

Uang Uang

1.1.4 Menyerahkan Uang

K

.KM

1.1.2 Membuat, mencatat di BAK & menyerahkan Kw.KM/M1,2

KASIR

BA

Kw

Uang

1.1.1 Pengisian Modal

Uang BAK

Kw.KM/M2

LP1

lun

Kw. DP 1,3

1,3

BAK

an

.D

as

Kw

Kw.DP1, Kw.Pelunasan1

. Pe Kw

P1 ,3

AKUNTANSI

1.1.5 Kw.DP2, Kw.Pelunasan2 Membuat, mencatat di BAK & menyerahkan Kw.DP1,2/ Kw.Pelunasan 1,2

Kw.Pelunasan 1,3

BAK

Gambar 3.8 Data Flow Diagram Level 2 Proses 1.1

Penjelasan dari gambar diatas yaitu Direktur Utama menyerahkan Uang sebagai modal kepada bagian kasir, lalu menerima tanda bukti dari bagian kasir yaitu Kw.KM/M 1. Pada Bagian Kasir menerima uang dari Direktur Utama dan dari bagian marketing untuk kegiatan transaksi travel/tour baik DP/Pelunasan dan membuat tanda bukti yaitu Kw.DP/Pelunasan 1,2,3 yang masing-masing diserahkan kepada marketing, bagian akuntansi dan diarsipkan dan menerima LP2 dari bag.Marketing.

58

Pada Bagian Marketing menerima uang dari client untuk kegiatan transaksi travel/tour baik DP/Pelunasan yang kemudian diserahkan kepada bagian kasir dan bagian kasir menyerahkan tanda bukti Kw.DP 1/Kw.Pelunasan 1 yang kemudian diserahkan kepada client. Pada Bagian Akuntansi menerima dokumen/kwitansi Kw.KM/M 2, Kw.DP 2, Kw. Pelunasan 2 dari bagian kasir dan LP1 dari bag.Marketing.

3.9.2.7 Level 2 Proses 1.2 Pada Data Flow Diagram level 2 Proses 1.2 ini menjelaskan mengenai kegiatan Pengeluaran Kas pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel. 1.2.8 Menyerahkan RLTBL & RL & Tlp

RLTBL, RL & Tlp

L RLTB

RLTBL, RL & Tlp

RL &

RLTBL

RLTBL

Slip Gaji.acc 2

1.2.4 Menyerahkan RLTBL

Slip Gaji 1,2

1.2.7 Menyerahkan Tanda Bukti pembayaran

RLTBL

KARYAWAN

RLTBL, Kw.KK 1, Uang

KASIR

1.2.2 Mencatat di BAK & menyerahkan Slip Gaji 1,2 & uang

1.2.5 Membuat & Menyerahkan Kw.KK 1 dan uang dan Mencatat di BAK

Kw.KK 1,2

RLTBL, Kw.KK 1, Uang

OPERASIONAL MANAGER

K

Slip Gaji 1,2, uang

1.2.6 Menyerahkan RLTBL & Uang

BA

Slip Gaji 1,2, uang

RLTBL, Uang PIHAK LUAR

RLTBL

Slip Gaji.acc 1,2

Slip Gaji.acc 1,2

RLTBL, Uang

RLTBL, RL & Tlp

Slip Gaji 1,2

1.2.3 Menyerahkan Slip Gaji.acc2

1.2.1 Menyerahkan Slip Gaji 1,2

Kw .KK 1,2

Slip Gaji 1,2 AKUNTANSI

Tlp

RL & Tlp

BAK

BAK

BAK

Gambar 3.9 Data Flow Diagram Level 2 Proses 1.2

Penjelasan mengenai gambar diatas yaitu Bagian Akuntansi menyerahkan RLTBL dan Slip Gaji 1,2 kepada bagian kasir, dan menerima RLTBL dan RL & Tlp dari bagian Operasional Manager serta menerima Slip Gaji.acc 2 dari karyawan. Pada Bagian Kasir menerima RLTBL dan Slip Gaji 1,2 dari bagian akuntansi lalu menyiapkan uang dan membuat Kw.KK 1,2 kemudian menyerahkannya kepada bagian Operasional Manager dan juga Karyawan,

59

Kw.KK 2 diarsipkan dan dicatat di BAK. Pada Operasional Manager menerima RLTBL, Kw.KK 1, uang yang kemudian diserahkan kepada pihak luar dan menerima tanda bukti yaitu RL & Tlp yang kemudian diserahkan kepada bagian akuntansi beserta RLTBL.

3.9.2.8 Level 2 Proses 2.1 Pada Data Flow Diagram level 2 Proses 2.1 ini menjelaskan mengenai kegiatan pembayaran sewa gedung pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel. 2.2.3 Melakukan Pembayaran Sewa Gedung

Uang 2.2.4 Menyerahkan Tanda Bukti Transaksi

Kw.SewaG

SPPKKG1,2,3

2.1.1 Menyerahkan SPPKKG 1,2,3

Uang

SPPKKG1,2,3 KASIR

SPPKKG1,2,3

Kw.SewaG

OPERASIONAL MANAGER

2.2.5 Menyerahkan Kw.SewaG

Kw

.Se

wa

PIHAK LUAR Uang

G

Kew.SewaG SPPKKG1, Kw.KK1, Uang

SPP

SPPKKG 1,2,3

KKG

1,2,3

. KK Kw

Kw.SewaG

,3

BA

K

Kw.KK 1,2,3

1 ,2

2.1.2 Membuat, mencatat di BAK & menyerahkan Kw.KK, SPPKKG 1,2, Uang

SPPKKBG2, Kw.KK2

BAK AKUNTANSI

Gambar 3.10 Data Flow Diagram Level 2 Proses 2.1

Penjelasan dari gambar diatas yaitu Bagian Operasional Manager menyerahkan SPPKKG 1,2,3 kepada bagian kasir, menyerahkan uang kepada pihak luar,serta menyerahkan Kw.SewaG kepada bagian Akuntansi dan menerima Kw.SewaG dari pihak luar, SPPKKG 1, Kw.KK 1, Uang dari Kasir. Pada Bagian Kasir menerima SPPKKG 1,2,3 dari Operasional Manager dan menyerahkan SPPKKG 60

1,2, Kw.KK 1,2 dan Uang yang masing-masing diserahkan kepada Operasional Manager (SPPKKG 1, Kw.KK 1, uang) dan SPPKKG 2, Kw.KK 2 kepada bagian akuntansi. Pada Bagian Akuntansi menerima SPPKKG 2, Kw.KK 2 dari bagian Kasir dan Kw.SewaG dari Operasional Manager.

3.9.2.9 Level 2 Proses 2.2 Pada Data Flow Diagram level 2 Proses 2.2 ini menjelaskan mengenai kegiatan pembayaran sewa bis pada PT. Travalink Indonesia Tour & Travel. 2.2.4 Melakukan Pembayaran Sewa Bis

PIHAK LUAR Uang

Uang

Uang

2.2.1 Memberikan Informasi Sewa Bis

2.2.2 Membuat & menyerahkan SPPKKBis 1,2,3

2.2.5 OPERASIONAL Menyerahkan MANAGER Kw.Sewa Bis Tanda Bukti Transaksi

Informasi

Kw.Sewa Bis

Informasi

Informasi

SPPKKBis1, Kw.KK1, Uang

TRAVEL MANAGER

. Se Kw

SPPKKBis1,2,3,

2.2.6 Menyerahkan Kw.SewaBis

wa

KASIR SPP

SPPKKBis 1,2,3

KKB

is 1,2

. KK Kw

1 ,2

,3

BA

K

Kw.KK 1,2,3

,3

Kw.Sewa Bis

Bi s

SPPKKBis1,2,3,

2.2.3 Membuat, mencatat di BAK & menyerahkan Kw.KK, SPPKKBis 1,2, Uang

Kew.SewaBis

SPPKKBis2, Kw.KK2

BAK AKUNTANSI

Gambar 3.11 Data Flow Diagram Level 2 Proses 2.2

Penjelasan dari gambar diatas yaitu Bagian Kasir menerima SPPKKBis 1,2,3 dari bagian Operasional Manager kemudian menyerahkan SPPKKBis 1,2, Kw.KK 1,2 Uang yang masing-masing diserahkan kepada Operasional Manager (SPPKKBis 1, Kw.KK 1, Uang) dan SPPKKBis 2, Kw.KK 2 kepada bagian Akuntansi. Pada Bagian Operasional Manager menerima informasi dari Travel

61

Manager, SPPKKBis 1, Kw.KK 1, Kw.SewaBis, kemudian menyerahkan Kw.SewaBis kepada Bagian Akuntansi. Pada Bagian Akuntansi menerima dokumen/kwitansi SPPKKBis 2, Kw.KK 2 dari bagian kasir dan Kw.SewaBis dari bagian Operasional Manager.

3.9.3

Kamus Data Yang Berjalan

Kamus Data merupakan sebuah katalog fakta yang menjelaskan mengenai proses, arus dan penyimpanan data dari data flowchart diagram. Kamus Data berfungsi membantu pelaku sistem untuk mengartikan aplikasi secara lebih detail dan mengelompokkan data yang digunakan dalam sebuah sistem.

Tabel 3.1 Kamus Data yang Berjalan Nama Arus Data Kw. KM/M (Kwitansi Kas Masuk/Modal) 1,2,3 Kw. DP 1,2,3 /Pelunasan 1,2,3

Alias -

Bentuk Data Kwitansi

Arus Data

-

Kwitansi

1. Dari proses 1.0 ke entitas marketing 2. Dari entitas marketing ke proses 1.0 3. Dari proses 1.0 ke entitas klien 4. Dari proses 1.0 ke entitas akuntansi

SPPKKG (Surat Permohonan Pembayaran Keperluan Kantor Gedung) 1,2,3

-

Dokumen

1. Dari entitas operasional manager ke proses 2.0 2. Dari proses 2.0 ke entitas kasir 3. Dari entitas kasir ke proses 2.0 4. Dari proses 2.0 ke entitas operasional manager 5. Dari proses 2.0 ke entitas akuntansi

Merupakan surat untuk pembayaran sewa gedung

SPPKKBis (Surat Permohonan Pembayaran Keperluan Kantor Bis) 1,2,3

-

Dokumen

1. Dari entitas operasional manager ke proses 2.0 2. Dari proses 2.0 ke entitas kasir 3. Dari entitas kasir ke proses 2.0 4. Dari proses 2.0 ke entitas operasional manager 5. Dari proses 2.0 ke entitas akuntansi

Merupakan surat untuk pembayaran sewa bis

PP (Pembelian Peralatan) 1,2,3

PP.acc 1,2,3

Dokumen

1. Dari entitasdirektur utama ke proses 3.0 2. Dari proses 3.0 ke entitas kasir 3. Dari entitas kasir ke proses 3.0 4. Dari proses 3.0 ke entitas operasional manager 5. Dari proses 3.0 ke entitas akuntansi

Merupakan surat untuk pembelian peralatan yang diluar rutinitas kegiatan kantor

1. Dari proses 1.0 ke entitas direktur utama 2. Dari proses 1.0 ke entitas akuntansi

Penjelasan Merupakan tanda bukti atas pengisian kas masuk/modal Merupakan tanda bukti atas pembayaran transaksi

62

Nama Arus Data Kw. KK (Kwitansi Kas Keluar) 1,2,3

Alias -

Bentuk Data Kwitansi

RLTBL (Rekening Listrik Telepon Bulan Lalu)

-

Kwitansi

Kw. P (Kwitansi Peralatan)

-

Kwitansi

RL & Tlp (Rekening Listrik & Telepon)

-

Kwitansi

Kw. SewaBis (Kwitansi Sewa Bis)

-

Kwitansi

Kw. SewaGedung Kwitansi Sewa Gedung)

-

Kwitansi

Slip Gaji 1,2

Slip Gaji.acc 1,2

Dokumen

BAK (Buku Arus Keuangan)

-

Dokumen

Arus Data

Penjelasan

1. Dari proses 2.0 ke entitas operasional manager 2. Dari proses 2.0 ke entitas akuntansi 2. Dari proses 3.0 ke entitas operasional manager 3. Dari proses 3.0 ke entitas akuntansi 1. Dari entitas akuntansi ke proses 1.0 2. Dari proses 1.0 ke entitas kasir 3. Dari entitas kasir ke proses 3.0 4. Dari proses 3.0 ke entitas operasional manager 5. Dari entitas operasional manager ke proses 3.0 6. Dari proses 3.0 ke entitas pihak luar 7. Dari entitas pihak luar ke proses 3.0 8. Dari proses 3.0 ke entitas operasional manager 9. Dari operasional manager ke proses 3.0 10. Dari proses 3.0 ke entitas akuntansi 1. Dari proses 3.0 ke entitas operasional manager 2. Dari entitas operasional manager ke proses 3.0 3. Dari proses 3.0 ke entitas akuntansi 1. Dari proses 1.0 ke entitas operasional manager 2. Dari entitas operasional manager ke proses 1.0 3. Dari proses 1.0 ke entitas akuntansi 1. Dari proses 2.0 ke entitas operasional manager 2. Dari entitas operasional manager ke proses 2.0 3. Dari proses 2.0 ke entitas akuntansi 1. Dari proses 2.0 ke entitas operasional manager 2. Dari entitas operasional manager ke proses 2.0 3. Dari proses 2.0 ke entitas akuntansi 1. Dari entitas akuntansi ke proses 1.0 2. Dari proses 1.0 ke entitas kasir 3. Dari entitas kasir ke proses 1.0 4. Dari proses 1.0 ke entitas karyawan 5. Dari entitas karyawan ke proses 1.0 6. Dari proses 1.0 ke entitas akuntansi 1. Dipegang/Diarsipkan pada bagian kasir

Merupakan tanda bukti kas keluar atas kegiatan yang terjadi

Merupakan tanda bukti / kwitansi pembayaran rekening listrik dan telepon bulan lalu

Merupakan tanda bukti pembelian peralatan

Merupakan tanda bukti pembayaran Listrik dan Telepon bulan ini Merupakan tanda bukti pembayaran sewa bis

Merupakan tanda bukti pembayaran sewa gedung

Merupakan tanda bukti pembayaran gaji/upah karyawan selama satu bulan Merupakan sebuah catatan atas penerimaan & pengeluaran kas/ kegiatan perusahaan dipegang/ diarsipkan di bagian kasir

63

Nama Arus Data Buku Saldo

Alias

Lap. Saldo (Laporan Saldo) 1,2

Lap. Saldo.acc 1

Dokumen

Lap. Setor (Laporan Setor) 1,2

-

Dokumen

LP

-

Dokumen

3.9.4

-

Bentuk Data Dokumen

Arus Data 1. Dipegang/Diarsipkan pada bagian akuntansi

1. Dari proses 4.0 ke entitas kasir 2. Dari entitas kasir ke proses 4.0 3. Dari proses 4.0 ke entitas direktur utama 1. Dari proses 4.0 ke entitas direktur utama

1. Dari entitas marketing ke proses 1.0 2. Dari proses 1.0 ke entitas kasir 3. Dari proses 1.0 ke entitas akuntansi

Penjelasan Merupakan sebuah sebuah catatan atas penerimaan & pengeluaran kas/ kegiatan perusahaan selama satu bulan yang dipegang/ diarsipkan di bagian akuntansi Merupakan laporan mengenai saldo perusahaan tiap bulan Merupakan laporan mengenai kas perusahaan tiap bulan Merupakan laporan transaksi penjualan

Bagan Alir Yang Berjalan

Bagan Alir dokumen merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan saldo. Bagan alir dokumen digunakan untuk menggambarkan elemenelemen dari sebuah sistem manual.

64

KASIR Menerima uang dari Bag. Marketing & menyimpannya di brankas & membuat Kw.DP/ Kw.Pelunasan

Mulai Uang Menerima uang dari Direktur Utama sebagai modal & membuat Kw.KM/M & mencatat di BAK

Kw.DP

1

2

Kw.KM/M

3

2 3

3

12

Kw.KK

2

3

Uang 3

T

Diarsipkan di Direktur Utama

1

PP.acc

1 2

Diserahkan kepada Bag. Marketing

2

2

LP

3

Kw.pelunasan

1

Menerima LP dari bag. Marketing

Menerima dok. PP.acc dari Direktur Utama 7 membuat Kw.KK & menyerahkannya bersama uang & mencatat di BAK

5 T

1 14

11

Dicatat di BAK

6 Lap.Saldo

1

10

RLTBL 1

SPPKKG BAK

Sinkronisasi dengan BAK

Membuat Lap.Setor & menyerahkan seluruh kas perusahaan

Lap.Setor

1

Sinkron

3

Membuat, menyerahkan Kw.KK & mencatat di BAK

Tidak

Lap.Saldo 1 dikembalikan & dicek kembali oleh bag. Akuntansi

2

Kw.KK

1

SPPKKBis

Ya

Lap.Saldo

Slip Gaji

2

1

2

12 3

Membuat & menyerahkan uang & Kw.KK & mencatat di BAK

Menyerahkan Uang & Mencatat di BAK

T

SPPKKG Uang

T

2

1

1 2 3

12

SPPKKBis

1

Slip Gaji

2

12 3

Uang Direktur Utama

Selesai

15

Kw.KK

Lap.Saldo.acc1

Uang 2 3

Uang 7

1

Karyawan 9

T

Gambar 3.12 Bagan Alir Berjalan

65

AKUNTANSI 1

Kw.KM/M

2

2

5

15 T

2

PP.acc

2

Kw.DP

9

Kw.pelunasan 2

2

Kw.KK

2

SPPKKG

SPPKKBis

2

Kw.KK Lap.Saldo

T

1

Pengecekkan ulang

2

13

Dicatat di Buku Saldo

Menerima Slip Gaji.acc 2 dari Karyawan

Menyerahkan RLTBL

RLTBL Buku Saldo

RL & Tlp

RLTBL Slip Gaji.acc

2

11

4

T

Membuat Lap.Saldo

1

8

Menerima LP dari bag. Marketing

Kw.P Lap.Saldo

T

11

2

Menyerahkan Slip Gaji Kw.SewaG Kw.SewaBis

T T

14

Slip Gaji LP

1

2

1

T

10

Gambar 3.13 Bagan Alir Berjalan (Lanjutan)

66

MANAGER OPERASIONAL 3

Menerima Kw.P, Kw.SewaG, Kw.SewaBis, RLTBL & RL & Tlp dari pihak luar

Uang 1

PP.acc

Membuat SPPKKG & berdasarkan iformasi dari travel manager untuk membuat SPPKKBis SPPKKG

1 2 3

1

Kw.KK

Kw.P

Kw.SewaG

T

RLTBL

Kw.SewaBis

12 3

RL & Tlp

Pihak Luar

6 Menyerahkan kepada bagian akuntansi

Uang

Uang

SPPKKBis

7 12 Uang

Kw.P

Uang SPPKKG

1

Kw.SewaG

RLTBL SPPKKBis Kw.KK

1

Kw.KK

Kw.SewaBis

1

4

RLTBL

1

RL & Tlp T

T

8

Melakukan Pembayaran Sewa Gedung & Sewa Bis

Melakukan Pembayaran Listrik & Telepon

13

Gambar 3.14 Bagan Alir Berjalan (Lanjutan) Keterangan: 1. Kw.KM/M

: Kwitansi Penerimaan Kas Masuk/Modal

2. Kw.DP

: Kwitansi DP

3. Kw.Pelunasan : Kwitansi Pelunasan 4. PP

: Pembelian Peralatan

5. Kw.KK

: Kwitansi Kas Keluar

6. Kw.P

: Kwitansi Peralatan

7. SPPKKG

: Surat Permohonan Pembayaran Keperluan Kantor Sewa Gedung

8. LP

: Laporan Penjualan

67

9. SPPKKBis

: Surat Permohonan Pembayaran Keperluan Kantor Sewa Bis

10. Kw.SewaG

: Kwitansi Sewa Gedung

11. Kw.SewaBis : Kwitansi Sewa Bis 12. RLTBL

: Rekening Listrik Telepon Bulan Lalu

13. RL & Tlp

: Rekening Listrik dan Telepon

14. BAK

: Buku Arus Keuangan

15. Buku Saldo

: Buku Pencatatan Akuntansi

Penjelasan dari Bagan Alir diatas yaitu pada Bagian Kasir menerima modal dari Direktur Utama dan membuat Kw.KM/M 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada Direktur Utama, Akuntansi dan diarsipkan pada bagian kasir itu sendiri. Menerima uang sebagai transaksi travel/tour sebagai DP/Pelunasan yang kemudian dibuatkan tanda buktinya berupa Kw.DP/Pelunasan 1,2,3. Menerima dokumen PP.acc1,2,3 dari Direktur Utama yang kemudian dibuatkan Kw.KK 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada bagian manager operasional, akuntansi dan diarsipkan. Menerima SPPKKG 1,2,3 dan SPPKKBis 1,2,3 dari bagian Operasional Manager dan membuatkan Kw.KK 1,2,3 yang masing-masing diberikan kepada bagian Operasional Manager, Akuntansi, dan diarsipkan. Menerima Slip gaji 1,2 dari bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada karyawan. Menerima RLTBL dari bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada Operasional Manager. Menerima Laporan Saldo dari bagian Akuntansi dan menyiapkan uang lalu menyerahkannya kepada Direktur Utama, dan semua kegiatan tersebut dicatat dalam BAK. Pada Bagian Akuntansi menerima Kw.KM/M 2, Kw.DP/Pelunasan 2, PP, SPPKKG & SPPKKBis, Kw.KK 2 dari bagian kasir, Slip Gaji.acc2 dari karyawan, RLTBL & RL & Tlp yang kemudian semuanya dicatat ke dalam Buku Saldo, Kw.P, Kw.SewaG, Kw.SewaBis. Menyerahkan RLTBL, Slip Gaji 1,2 dan Laporan Saldo 1,2 kepada bagian Kasir.

68

Pada Opersional Manager menerima PP.acc 1, Kw.KK 1, Uang, SPPKKG 1, SPPKKBis 1, RLTBL dari bagian kasir kemudian diserahkan kepada pihak luar yang kemudian akan mendapatkan tanda bukti yaitu RL & Tlp, Kw.P, Kw.SewaG, Kw.SewaBis dari pihak luar yang akan diserahkan kepada bagian Akuntansi.

3.10

Kelemahan Sistem Yang Berjalan

A. Belum adanya laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. B. Aplikasi pada perusahaan tersebut menggunakan Software Microsoft Excel hanya untuk membuat tabel dan alat hitung saja. C. Belum adanya penghitungan penyusutan aktiva tetap. D. Belum ada pencatatan akuntansi yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.

69